Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Signify Bantu Kurangi Tingkat Kriminalitas di Kawasan Senen 21 Persen

Kompas.com - 26/03/2023, 17:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak diresmikan pada Juli 2021, revitalisasi Kawasan Senen, Jakarta Pusat, telah membawa transformasi signifikan. 

Kawasan Senen, kini tak lagi menyeramkan. Sebaliknya, lebih terang, artistik dengan langgam Betawi sekaligus modern, nyaman, aman, dan menarik secara visual.

Transformasi ini tak lepas dari dukungan stakeholder, satu di antaranya Signify sebagai produsen pencahayaan global.

Signify diketahui ikut berperan dalam memasang pencahayaan LED yang saling terkoneksi di tiga titik penting di area tersebut yakni jembatan penyeberangan orang (JPO) Senen Extension, jembatan penyeberangan Senen Atrium, dan underpass Senen.

Baca juga: Schneider Indonesia Petik Manfaat dari Sekolah Vokasi

Tiga lokasi ini merupakan titik-titik yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat di sekitar Senen. Jembatan-jembatan penyeberangan ini juga menghubungkan beberapa area dengan halte TransJakarta.

Membuat jembatan lebih terang membantu meningkatkan lalu lintas di kawasan perdagangan ini yang berarti mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selain itu, lampu di underpass membantu jarak pandang pengendara, sehingga mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas

Country Leader Signify Indonesia Dedy Bagus Pramono menuturkan, Signify tidak hanya membuat Kawasan Senen lebih terang dan menarik, tetapi juga membantu mengurangi tingkat kejahatan di salah satu pusat komersial tertua di Jakarta ini.

"Pencahayaan kami dapat membantu menurunkan angka kriminalitas hingga 21 persen, dan membantu mengurangi tingkat kecelakaan sebesar 30 persen4,“ ujar Dedy menjawab pertanyaan tertulis Kompas.com, Jumat (24/3/2023).

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kawasan Senen, Jakarta Pusat, dipercantik dengan LED Philips dari SignifySignify Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kawasan Senen, Jakarta Pusat, dipercantik dengan LED Philips dari Signify
Menurut Dedy, Signify memasang total 184 unit Philips UniFlood M, lampu tembak LED modular, berbentuk persegi panjang.

Selain itu, dipasang juga lampu arsitektural berperingkat eksterior yang dirancang untuk aplikasi pencahayaan tembak luar ruangan, lanskap, dan fasad ini juga hemat biaya.

Lampu ini cocok untuk menonjolkan keunikan pada fasad jembatan, serta untuk menerangi underpass.

Pencahayaan LED Signify dinilai sangat efisien untuk fasad bangunan dan penerangan jalan. Kombinasi teknologi pencahayaan RGB dinamis dan desain pencahayaan membuat infrastruktur lebih menarik.

Keselamatan dan keamanan adalah salah satu fokus Signify, dan pencahayaan perkotaan menjadi lebih kuat saat saling terkoneksi.

Pencahayaan yang dipasang di jembatan penyeberangan dan underpass Senen dapat dikontrol dengan mudah dari satu panel kontrol di mana teknisi dapat mengatur kreasi warna pada jembatan.

Dedy menambahkan, selain Kawasan Senen, Signify telah menerangi kawasan lain di Jakarta seperti Jalan Sisingamangaraja, Kota Tua, Jalan Kemang, dan Taman Tebet Ecopark.

Sementara untuk area di luar Jakarta, Signify telah menerangi taman-taman di Pekanbaru, Riau, salah satunya Taman Tuan Kadi, dan Jalan Ajibata di Sumatera Utara dengan produk LED tenaga surya.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com