Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Merawat PLTS Atap?

Kompas.com - 30/06/2023, 14:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.comPembangkit listrik tenaga surya (PLTS) semakin populer. Banyak keluarga dan rumah tangga sudah memasang PLTS sendiri.

Biasanya, pemasangan PLTS oleh keluarga atau rumah tangga sudah diinstalasi di atap rumah, sehingga familiar disebut sebagai PLTS atap.

Memasang PLTS atap kini sudah semakin mudah karena ada banyak badan usaha dan jasa yang menawarkan instalasinya.

Jika sudah terpasang, muncul pertanyaan bagaimana cara merawat PLTS atap supaya tahan lama? Berikut tip merawat PLTS atap sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Baca juga: PLTS Atap Harus Dipasang Miring, Ini Alasannya

Kebersihan PLTS atap

Dilansir dari Panduan Perencanaan dan Pemanfaatan PLTS Atap di Indonesia yang dirilis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan donor AS USAID, perawatan PLTS atap sebenarnya cukup mudah.

Bila Anda pemiliki PLTS atap atau hendak memasang PLTS atap, Anda dapat membersihkan panel surya yang terpasang secara berkala.

Partikan panel surya atau PLTS atap tetap bersih dari kotoran dan menjaga supaya tidak ada bayangan yang menghalanginya.

PLTS atap yang kotor dapat mengganggu kinerjanya dalam menyerap sinar matahari sehingga dayalistrik yang dihasilkan tidak optimal.

Baca juga: Bolehkah Memasang PLTS Atap On-Grid Sendiri?

Pastikan tidak ada kabel yang terlepas

Anda bisa memperhatikan kinerja sistem PLTS atap dengan memastikan bahwa tidak ada rangkaian kabel tidak ada yang terlepas.

Anda juga bisa memonitor banyaknya listrik yang dihasilkan pada kondisi sinar matahari optimal dari waktu ke waktu.

Perhatikan anomali tagihan listrik

Tip ini khusus untuk PLTS atap on-grid atau yang terhubung dengan jaringan listrik PLT PLN. Kompensasinya adalah menghemat tagihan listrik.

Jika sistem PLTS atap tidak dilengkapi dengan sistem monitoring terkomputerisasi, Anda perlu memperhatikan jika ada anomali perhitungan tagihan listrik dari PT PLN.

Jika terdapat anomali dalam perhitungan tagihan listrik dari PT PLN, Anda perlu menghubungi badan usaha yang memasang PLTS atap di rumah Anda.

Baca juga: Ingin Pasang PLTS Atap On-grid? Ini Komponen yang Dibutuhkan

Perawatan rutin oleh teknisi ahli

Agar PLTS atap tetap optimal dan maksimal hingga masa pakainya terlampaui, sangat penting untuk mengontak teknisi asli dari badan usaha yang memasang PLTS atap di rumah Anda.

Teknisi dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh, pemeliharaan, dan perbaikan jika diperlukan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com