Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu di Wilayah Negara Akreditasi Jadi Ajang Silaturahmi WNI

Kompas.com - 13/02/2024, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara Iwan Bogananta mengatakan, Pemilu 2024 di Bulgaria berlangsung meriah dan jadi ajang wilaturahmi Warga Negara Indonesia (WNI).

Pesta demokrasi RI di negara akreditasi ini telah dilaksanakan pada Sabtu, 10 Februari 2024 pukul 08:00 hingga 18:00 bertempat di Aula KBRI Sofia.

"Alhamdulillah dari pantauan kami pelaksanaan Pemilu berlangsung tertib, meriah, dan hangat," ujar Iwan dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (12/2/2024).

Baca juga: Pemilu Indonesia 2024 di Australia Meriah, Ada Pesta Kuliner Nusantara

Keluarga besar KBRI Sofia dan masyarakat Indonesia yang berada di Sofia sangat akrab, dan menjadikan pesta rakyat ini sebagai ajang silaturahmi.

"Saya selaku Duta Besar mengapresiasi kerja para Penyelenggara Pemilu Luar Negeri (PPLN) dan KPPS LN, yang bertugas melayani para pemilih," sambungnya.

Dalam melaksanakan Pemilu 2024, Iwan menekankan kepada para penyelenggara agar profesional dan menjaga netralitas dalam melayani para pemilih sebaik-baiknya.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara Iwan Bogananta dan istri usai menggunakan hak suara, Sabtu (10/2/2024).KBRI Sofia Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara Iwan Bogananta dan istri usai menggunakan hak suara, Sabtu (10/2/2024).
Karena pada saat pencoblosan, berlangsung juga kampanye akbar terakhir di Indonesia sebelum menuju pekan tenang.

Dia pun mengingatkan para petugas dan para diplomat agar menjaga netralitas dan mengimbau masyarakat untuk tidak berkampanye di TPS Sofia.

"Saya sangat meyakini, para pemilih di wilayah akreditasi masuk dalam kategori pemilih cerdas," kata Iwan.

Baca juga: Pemilu dan Suara Hati Para Penghayat Kepercayaan...

Ketua PPLN Sofia juga mengonfirmasi bahwa pelaksanaan Pemilu di TPS Sofia berlangsung dengan lancar.

Dari total jumlah pemilih yang terdaftar, 87 persen pemilih telah memberikan hak suaranya.

“Agar suasana Pemilu berlangsung hangat dan meriah, kami juga menyediakan makanan khas Indonesia yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. Selain itu, kami juga membuatkan photobooth Pemilu sebagai media ekpresi masyarakat yang telah memberikan suaranya," tutur Ketua PPLN Sofia.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com