Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Jepang Jajaki Kerja Sama Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan

Kompas.com - 15/03/2024, 07:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bertemu dengan Secretary General of ASEAN-Japan Centre (AJC) Kunihiko Chris Hirabayashi, guna menjajaki kerja sama pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Menparekraf Sandiaga dalam kunjungannya ke kantor ASEAN-Japan Centre di Tokyo, Senin (4/3/2024) menyampaikan, Indonesia sedang menggenjot pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkonsep pada pariwisata hijau dan berkelanjutan.

“Indonesia berharap dapat bekerja sama dengan AJC untuk sharing best practice terkait sustainable tourism dan rural tourism,” kata Menparekraf Sandiaga, dalam pernyataannya, dikutip Kamis (14/3/2024). 

Ia menjelaskan, Kemenparekraf/Baparekraf juga mengembangkan desa wisata sebagai salah satu program utama.

Adapun salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan tahun ini adalah ASEAN Tourism Village untuk mempromosikan dan meningkatkan pemberdayaan desa wisata.

Baca juga: Indonesia-Jepang Kolaborasi Olah Limbah Pertanian Jadi Biofuel dan Biokimia

“Indonesia berharap AJC dapat memberikan dukungan untuk penyelenggaraan ASEAN Tourism Village tersebut,” imbuh Sandiaga. 

Selain pariwisata hijau, ia juga menawarkan peluang kerja sama capacity building untuk mendukung percepatan industri gim nasional.

“Indonesia baru saja meresmikan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2024 Tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Oleh karena itu, kami menawarkan peluang kerja sama capacity building untuk mendukung percepatan industri gim nasional,” kata Menparekraf.

Health dan wellness tourism

Secretary General of ASEAN-Japan Centre (AJC), Dr. Kunihiko Chris Hirabayashi, menyampaikan bahwa saat ini generasi muda tertarik terhadap isu health (kesehatan) dan wellness (kebugaran).

Sehingga menurutnya, kombinasi health dan wellness tourism ke depannya akan semakin digemari.

“Indonesia dan AJC dapat bekerja sama melakukan riset untuk menentukan segmentasi pasar yang sesuai untuk health dan wellness tourism yang mendukung pariwisata berkelanjutan,” kata Kunihiko.

Ia juga menyampaikan AJC tertarik untuk mendukung penyelenggaraan ASEAN Creative Economy Business Forum (ACEBF) 2024.

“Dan kami berharap dapat mendapatkan rincian kegiatan untuk mengidentifikasi speaker atau expert yang sesuai dengan tema ACEBF 2024," ujar Kunihiko.

Baca juga:

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com