Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenparekraf Gelar "Kick Off" Bootcamp AKI 2024 di Bekasi dan Serang

Kompas.com - 29/04/2024, 15:28 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) melalui Direktorat Kuliner Kriya Desain dan Fesyen, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif memulai rangkaian Fase Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 (23/4/2024).

Sebagai informasi, Apresiasi Kreasi Indonesia atau AKI mengemban misi mengembangkan kapasitas pelaku usaha kreatif dan memfasilitasi perluasan akses pasar produk kreatif.

Seluruh peserta Fase Bootcamp akan mendapat materi, mulai dari pengelolaan hak kekayaan intelektual, pitching dan presentasi, hingga pengelolaan keuangan.

Peserta juga akan mendapatkan pembekalan produk review dan branding, marketplace dan promosi digital, design thinking dan business model, legalitas dan standarisasi usaha, serta sosialisasi e-katalog dan coaching clinic serta mentoring.

Fase Bootcamp sendiri adalah lanjutan dari Fase Pendaftaran (Februari-Maret 2024) dan Fase Kurasi dan Temu Sapa Peserta (Maret 2024).

Nantinya Fase Bootcamp akan digelar selama tiga hari di 12 kota/kabupaten yakni Bekasi, Singkawang, Blitar, Palu, Magelang, Serang, Toba, Tanjung Pinang, Ternate, Labuan Bajo, Denpasar dan Merauke.

Fase Bootcamp berlangsung pada 23 April hingga akhir Mei 2024 dan diminati 6.680 pendaftar untuk tujuh bubsektor: Kuliner, Kriya, Fesyen, Aplikasi, Gim, Musik dan Film. Hasilnya, 410 jenama yang akan lolos tahapan kurasi dan ikut Fase Bootcamp.

"Kick off" di Bekasi dan Serang

Kota Bekasi dan Serang menjadi dua kota pertama menggelar Fase Bootcamp AKI 2024 yang berlangsung pada 23-25 April 2024.

Baca juga: Kemenparekraf Siapkan Siapkan Cendera Mata dan Paket Wisata dalam WWF ke-10

 

Dari Kota Bekasi dan Serang terdapat masing-masing 38 jenama atau brand yang lolos mengikuti Fase Bootcamp, beberapa di antaranya Beema Honey (kuliner), Nu’kieu (kriya), Lace Dream (kriya), Tracco (aplikasi), Muslim Raya (gim), Khana Sultan (musik), dan Ngobong (film).

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com