Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdalam Kerjasama Transisi Energi, Dubes Tilley Kunjungi Indonesia

Kompas.com - 11/05/2024, 17:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Australia untuk Perubahan Iklim Kristin Tilley mengunjungi Indonesia untuk memperdalam kerja sama bilateral dalam bidang transisi energi.

Tilley bertemu dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif dan para pejabat senior Pemerintah Indonesia untuk membahas kerja sama yang terus berkembang antara Indonesia dan Australia terkait perubahan iklim dan transisi energi.

Baca juga: Dukung Transisi Energi, PLN-Huawei Kembangkan Joint Innovation Center

Menindaklanjuti KTT Khusus ASEAN-Australia yang diselenggarakan di Australia pada Maret lalu, Tilley berkesempatan berkunjung ke ASEAN Centre for Energy di Jakarta guna membahas area-area prioritas kerja sama dalam program kerja sama energi ASEAN-Australia.

“Prospek untuk Indonesia dan Australia dalam membangun kerja sama di bidang iklim dan transisi energi yang telah berjalan dengan baik, sangat menjanjikan,” kata Tilley, dalam keterangan tertulis, Jumat (10/5/2024).

Kunjungannya ke Indonesia menekankan kuatnya hubungan antara Indonesia dan Australia dalam bidang transisi energi.

Baca juga: Di Forum Internasional, Menkeu Soroti Pentingnya APBN dalam Transisi Energi

"Dan secara lebih luas lagi, saya sangat antusias dengan upaya yang kita lakukan bersama dalam menangani perubahan iklim, yang merupakan salah satu tantangan paling serius di dunia," imbuh Tilley.

Kunjungan ini juga memberikan kesempatan bagi Tilley untuk menyoroti Australia’s Southeast Asia Economic Strategy to 2040, khususnya potensi peningkatan perdagangan dua arah dan investasi untuk transisi energi hijau.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com