Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia dan Mali Bakal Tukar SDM untuk Kembangkan Sektor Air

Kompas.com - 26/05/2024, 14:10 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dan Mali merintis kerja sama pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang air.

Hal ini ditandai lewat pertemuan antara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan Menteri Lingkungan, Sanitasi dan Pembangunan Berkelanjutan Republik Mali Mamadou Samaké di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat (24/5/2024).

Pertemuan tersebut merupakan salah satu agenda Basuki dalam World Water Forum (WWF) ke-10 yang diselenggarakan di Bali pada 18-25 Mei 2024.

Basuki mengatakan, salah satu hasil konkret dari WWF ke-10 adalah pembentukan Center of Excellence untuk ketahanan air dan iklim.

"Dengan pembentukan Center of Excellence ini Indonesia dan Mali bisa berbagi pengetahuan. Mali bisa mengirimkan SDM-nya ke Indonesia, begitu juga sebaliknya. Dengan begitu kita bisa memperkuat kerja sama di sektor keairan, setelah dahulu di sektor telekomunikasi dan kegiatan ekonomi lainnya," kata Menteri Basuki.

Selain itu, salah satu kegiatan WWF ke-10 adalah "The Bandung Spirit Water Summit" sebagai rangkaian pertemuan High-Level Panel (HLP) yang membawa semangat Konferensi Asia Afrika 1955 di Bandung.

Baca juga: Tutup WWF ke-10, Basuki Serahkan Penyelenggaraan Selanjutnya ke Arab Saudi

"Tahun 2025 kita akan memperingati ulang tahun KTT Asia Afrika ke-70, untuk itu kita punya HLP terkait Bandung Spirit pada forum ini. Ke depannya kita akan memiliki kerja sama bidang keairan, energi, dan transportasi yang lebih kuat," imbuh Basuki.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Mamadou Samaké menyambut baik usulan pertukaran SDM antara Indonesia dan Republik Mali.

"Terima kasih atas usulan pertukaran SDM ini. Indonesia memiliki teknologi dan inovasi yang kuat, kami berharap bisa belajar dari Indonesia terutama di bidang keairan, transportasi dan energi," ujarnya.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com