Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Anak Nasional, Kadis Dalduk KB Kota Palopo Ajak Lebih Peduli Persoalan Anak

Kompas.com - 23/07/2023, 16:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

 

KOMPAS.com - Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (Dalduk KB) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Farid Kasim Judas mengajak masyarakat membangun kepedulian pada berbagai persoalan anak.

Hal ini disampaikannya mengingat berbagai persoalan anak terus mencuat dan sekaligus masih menjadi pekerjaan rumah besar pembangunan sumber daya manusia saat ini, di antaranya persoalan stunting.

“Meskipun untuk kasus stunting ini, beberapa tahun terakhir Kota Palopo mampu menurunkan kasusnya, namun kita tidak boleh abai dan cepat puas dikarenakan ini adalah kerja kolaborasi bersama seluruh stakeholder, bukan kerja parsial atau orang perorangan,” jelasnya dalam memperingati Hari Anak Nasional, 23 Juli 2023.

Tidak hanya stunting, tokoh muda Palopo ini juga berharap persoalan anak yang lain juga harus menjadi perhatian bersama di antaranya seperti perkelahian pelajar, cyber bullying, dan termasuk pemerataan akses anak-anak dalam memperoleh hak belajar dan bermainnya.

“Sekali lagi, semua ini tidak bisa dijalankan hanya pada satu sisi saja. Pemerintah, orangtua, tokoh adat dan agama, dan sekolah harus terus bersinergi. Dengan sinergitas yang dibangun, kita yakin persoalan anak yang sering mencuat perlahan-lahan akan bisa dituntaskan,” harapnya.

Mengutip Undang-Undang Perlindungan Anak, Farid Kasim mengingatkan, kita semua berkewajiban melindungi anak-anak.

"Selain itu, semua kita juga memiliki kewajiban agar hak-hak anak bisa terpenuhi maksimal. Melalui kolaborasi yang maksimal, membangun kepedulian pada persoalan anak merupakan bagian dari upaya menyelamatkan masa depan bangsa dalam menyambut Indonesia Emas 2045," tegasnya.

Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (Dalduk KB) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Farid Kasim Judas DOK. PRIBADI Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (Dalduk KB) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Farid Kasim Judas

Pesan senada juga disampaikan Ketua komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Ai Maryati Solihah.

“Melindungi anak Indonesia itu sama artinya melindungi bonus demografi dan sekaligus melindungi generasi emas Indonesia 2045,” tuturnya menjelang pemberian anugerah KPAI 2023 beberapa hari lalu.

Apalagi, Ketua KPAI yang baru terpilih di awal tahun ini mengungkapkan, kasus-kasus yang terjadi pada anak semakin meningkat dan fenomenanya bak seperti gunung es.

Baca juga: Sejarah Hari Anak Nasional 23 Juli, Dulu Tanggalnya Berganti-ganti

 

Ini artinya masih banyak kasus-kasus yang belum terungkap secara optimal. Padahal mereka ini generasi emas yang akan menjadi pemimpin-pemimpin Indonesia di masa depan,” ujar Ketua KPAI mengingatkan.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com