Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2023, 17:11 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Maybank Indonesia Tbk menunjukkan komitmen untuk mewujudkan relasi yang harmonis dengan komunitas, lingkungan, dan pemangku kepentingan, melalui sejumlah aktivitas.

Di antaranya penanaman 1.500 bibit pohon produktif, kegiatan pemilahan sampah, dan edukasi literasi keuangan, dalam acara bertajuk Global Corporate Responsibility Day 2023 "Untuk Bumi Indonesiaku".

Kegiatan ini merupakan bagian dari penerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainability Development Goals (SDGs) yang dilaksanakan pada Sabtu (19/8/2023).

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria menjelaskan, Global Corporate Responsibility Day ini merupakan inisiatif tahunan yang diamanatkan oleh Maybank Grup dalam mewujudkan komitmen untuk membina hubungan yang harmonis dan berkelanjutan.

Baca juga: Kurangi Emisi Karbon, Danamon Tanam 4.500 Pohon di Jambi

"Baik dengan komunitas, lingkungan, dan pemangku kepentingan yang terhubung baik secara lokal, maupun global, serta mengarah kepada misi Maybank Group yakni Humanising Financial Services," ujar Taswin dalam rilis pers, Minggu (20/8/2023).

Perusahaan mencermati situasi terkini terkait aspek keberlanjutan di antaranya adalah kualitas udara dan polusi di Jakarta, serta pengelolaan sampah.

Hal ini menjadi perhatian Perusahaan dalam menggelar Global CR Day 2023 sebagai upaya mewujudkan strategi prioritas Maybank Group, M25+, yakni menjadi perusahaan terdepan di bidang Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (LST) di kawasan ASEAN.

“Kegiatan Maybank Indonesia untuk Global CR Day kali ini merupakan aksi nyata kami yang berfokus pada poin-poin dalam SDGs yang juga sejalan dengan agenda Sustainability Maybank Indonesia,” kata Taswin.

Untuk mendukung perbaikan kualitas udara Jakarta, Perusahaan mengadakan kegiatan penanaman pohon di bawah Tol Bekasi–Cawang-Kampung Melayu sebagai pembuka acara Global CR Day 2023.

Jenis pohon yang ditanam terdiri dari 1.000 pohon ketapang kencana (tanaman penyerap polusi) dan 500 tanaman alpukat ,cipedak dan tanaman refugia bunga kuning (tanaman anti hama).

Baca juga: Pohon Sagu, Tanaman Alternatif Reklamasi Lahan Bekas Tambang di Bangka

Adapun pilar yang menjadi fokus Maybank Indonesia meliputi, SDGs Nomor 4 terkait pendidikan yang berkualitas, melalui edukasi literasi keuangan bagi generasi muda bertajuk Program Cahaya Kasih, di Kantor Cabang Jawa Barat, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan wilayah Balinusra.

Edukasi literasi keuangan ini dilakukan agar para generasi muda memahami konsep pengelolaan uang, tabungan, dan investasi sehingga mereka dapat mengambil keputusan keuangan yang cerdas di masa depan.

Kedua, SDGs Nomor 11 yakni kota dan komunitas yang berkelanjutan, melalui kegiatan penanaman pohon di bawah Tol Becakayu.

Ketiga, SDGs Nomor 12 yakni konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, melalui kegiatan pemilahan sampah (waste sorting) yang dilakukan di 10 Kantor Cabang Maybank Indonesia di kawasan Jabodetabek dan juga merupakan bagian dari Global CR Day 2023.

Taswin berharap, melalui kolaborasi antara korporat, pemerintah daerah, yayasan, dan masyarakat, Global CR Day yang dilakukan Maybank Indonesia dapat menciptakan dampak positif.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com