Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesian Sales Mission di Bulgaria Hasilkan Transaksi 5,6 Juta USD

Kompas.com - 11/11/2023, 14:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Deputi Bidang Pemasaran berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, melaksanakan kegiatan Indonesian Sales Mission untuk subsektor kuliner.

Kegiatan Sales Mission yang berlangsung 6-7 November 2023 merupakan tindak lanjut kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI ke Bulgaria bulan Juni lalu dalam rangka menyukseskan program Indonesia Spice Up the World (ISUTW).

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara Iwan Bogananta berkontribusi dalam mempertemukan perusahaan besar yang ada di Bulgaria dengan lima perusahaan Indonesia, sehingga menghasilkan transaksi senilai 5,6 juta dollar AS.

Kelima perusahaan tersebut adalah PT Rodamas Inti Internasional, La Moringa, PT Alko Sumatera Internasional, CV Mahorahora Bumi Nusantara dan Lada Murni yang dipimpin oleh Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Erwita Dianti.

Baca juga: Harmonature, Cara KBRI Sofia Tingkatkan Ekonomi Kreatif dan Kunjungan Turis Mancanegara

Di antara produk yang ditawarkan, teh daun kelor menjadi produk yang menarik perhatian karena keunikannya dan memberikan manfaat bagi kesehatan yang dapat membersihkan dan melancarkan peredaran darah.

La Moringga perusahaan yang memproduksi daun kelor berhasil menandatangani kesepakatan bisnis dengan perusahaan Boyan.co senilai 1 juta dollar AS.

Selain itu, PT Lada Murni yang menawarkan produk lada berhasil menandatangani kesepakatan bisnis dengan Bella group senilai 1,5 juta Euro atau setara dengan 1,6 juta dollar AS.

Sementara itu, perusahaan PT Roda Mas pemilik brand Sasa, berhasil menandatangani kesepakatan bisnis dengan PICCO Bulgaria senilai 3 juta dollar AS untuk pembelian produk desiccated coconut dan Monosodium Glutamate (MSG).

Pada kesempatan tersebut, perusahaan PICCO Bulgaria menyatakan ingin berinvestasi dengan membangun pabrik pengolahan kakao di Indonesia bekerja sama dengan PT Alko Sumatra Kopi.

Dubes Iwan dalam sambutannya pada acara Sales Mission yang diselenggarakan di Residence Club bersama Bulgarian Chambers and Commerce Industry (BCCI) mengatakan, kegiatan Sales Mission tersebut semakin memperkuat harapan menjadikan Bulgaria sebagai hub perdagangan atau pintu masuk produk Indonesia ke wilayah Eropa.

Baca juga: Cegah Peredaran Narkotika, Dubes Iwan Fasilitasi Pertemuan Kepala BNN dan Mendagri Albania

"Saya berterima kasih kepada semua pihak, para stakeholder dari Kemenparekraf RI dan para shareholder yang percaya untuk berbisnis dengan para pengusaha di Bulgaria" ucap Iwan dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (12/11/2023).

Dia berkeyakinan dalam lima tahun ke depan produk Indonesia akan membanjiri Eropa dan wilayah Balkan melalui Bulgaria.

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Erwita Dianti selaku pemimpin delegasi Sales Mission Indonesia menyampaikan apresiasi kepada KBRI Sofia, khususnya kepada Duta Besar yang telah memberikan dukungan kepada Kemeparekraf untuk medorong sub sektor kuliner sebagai implementasi dari program Indonesia Spice Up the World.

Erwita juga memberikan penghargaan kepada KBRI Sofia yang berhasil membuka ruang transaksi kepada para pengusaha industri kreatif Indonesia dengan nilai Rp 87,6 miliar.

Presiden Bulgarian Chambers of Commerce and Industry Tsevetan Semionov mengucapkan terima kasih kepada Dubes Iwan yang begitu aktif mempromosikan Indonesia di Bulgaria dan mendorong peningkatan hubungan dagang kedua negara.

"Kami akan terus mendukung aktifitas bisnis dua negara pada masa mendatang dan mengundanga partisipasi Indonesia untuk meramaikan kegiatan ekspo yang bertaraf international di Bulgaria," tuntasnya.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com