Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuki 2024, Ini 7 Teknologi yang Diramal Bakal "Booming" untuk Perusahaan

Kompas.com - 04/01/2024, 12:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

KOMPAS.com - Tahun 2023 sudah kita lewati, kini kita memasuki 2024 dengan penuh harap dengan berbagai dinamikanya.

Dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi semakin pesat dan canggih. Tahun 2023 saja, kita sudah digemparkan dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang semakin canggih.

Kini, masuk 2024, perkembangan teknologi bakal lebih pesat lagi. Perusahaan infrastruktur dan layanan teknologi informasi (TI) global, NTT Ltd, meramal akan ada sejumlah teknologi yang bakal booming atau memperoleh popularitas yang besar pada tahun ini.

Baca juga: TPST Ramah Lingkungan di Cilacap Gunakan Teknologi RDF, Apa Itu?

Salah satunya adalah AI yang akan semakin digencarkan di berbagai perusahaan dunia.

Menurut Group EVP, New Ventures and Innovation, NTT Ltd, Shahid Ahmed, perpaduan antara tren baru dan tren utama yang semakin berkembang.

Menurut dia, setiap perusahaan harus melihat lebih jauh ke depan untuk memastikan mereka memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi baru di masa depan dan berupaya mencapai target yang lebih berkelanjutan.

Dilansir dari Antara, Rabu (3/1/2024), berikut tujuh teknologi yang diramal bakal booming untuk perusahaan pada 2024 menurut NTT Ltd.

Baca juga: Cara Menjaga Konsistensi Rasa Kopi dengan Pemanfaatan Teknologi Automasi

1. Dark NOC

Dengan kemajuan AI untuk operasi TI (AIOps), gagasan Network Operations Center (NOC) yang sepenuhnya otomatis dan tanpa intervensi manusia merupakan harapan ideal.

Selama 12 bulan ke depan, perusahaan jaringan akan lebih lanjut menanamkan AIOps ke dalam operasi mereka yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas jaringan, mendukung teknisi, dan memodernisasi infrastruktur.

Meskipun otomatisasi merupakan inti dari ‘Dark NOC’, peran manusia tetap akan menjadi kunci keberhasilannya.

Penyedia jaringan internet perlu fokus pada peningkatan keterampilan, sekaligus memastikan mereka telah melakukan persiapan yang diperlukan dari sudut pandang teknologi, mulai dari standardisasi API hingga optimalisasi pemrosesan data.

Baca juga: Ada 50.879 Petani Milenial di NTT Gunakan Teknologi Digital

2. AI yang lebih inovatif

Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). SHUTTERSTOCK/GOLDEN SIKORKA Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Rak data center atau rak server pada umumnya mengonsumsi sekitar 6 hingga 8 kilowatt listrik.

Dengan hadirnya teknologi AI, akan semakin mempercepat peningkatan kepadatan tersebut dan sekarang sudah lumrah melihat rak berkapasitas 50 hingga 100 kilowatt, bahkan lebih.

"Harapannya adalah konsumsi listrik akan berlipat ganda dan tiga kali lipat di tahun-tahun mendatang. Rak-rak server ini, tentunya menghasilkan lebih banyak panas, dan membutuhkan lebih banyak pendinginan, menjadi tantangan bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki target net zero (netralitas karbon)," kata Ahmed.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com