Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Urutan Kedua Negara Paling Berisiko Bencana di Dunia

Kompas.com - 03/04/2024, 20:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

KOMPAS.com - Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Prasinta Dewi mengungkapkan, Indonesia menempati urutan kedua sebagai negara dengan risiko bencana terbesar di dunia.

World Risk Report (WRR) 2023 melaporkan, Indonesia memiliki skor World Risk Index (WRI) sebesar 43,5 dari 100 yang menempatkan "Bumi Pertiwi" menjadi urutan kedua.

Sedangkan urutan pertama negara dengan risiko bencana terbesar di dunia menurut WRR 2023 adalah Filipina dengan skor 46,86.

Baca juga: Smart Aviation Bantu Tangani Bencana dengan Teknologi Modifikasi Cuaca

"Indonesia menduduki peringkat kedua dari 193 (negara) pada WRR 2023," kata Prasinta dalam peluncuran Hari Kesiapsiagaan Bencana, Selasa (2/3/2024).

Prasinta mengungkapkan indeks risiko bencana dari WRI tersebut mengkaji tingkat kebencanaan berdasarkan komponen bahaya, tingkat terpapar, dan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana.

Dia menyebutkan, kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana menentukan besar kecilnya dampak bencana yang akan diterima.

"Oleh karena itu masyarakat harus memiliki kemampuan untuk bertahan dan membangun kembali kehidupan setelah terkena bencana atau build back better," ujarnya, sebagaimana dilansir Antara.

Baca juga: Keterlibatan Perempuan dalam Peringatan Dini Bencana Perlu Ditingkatkan, Ini Alasannya

Menurut Prasinta, kesiapsiagaan bencana merupakan upaya untuk mengantisipasi dan merespons bencana secara efektif yang perlu dibangun sejak dini, sehingga dapat menghadapi kemungkinan kejadian bencana yang terjadi tiba-tiba.

Terlebih, Indonesia yang berada di daerah tropis dan terletak pada pertemuan dua samudera dan benua membuat negara ini rawan akan bencana.

Contoh bencana yang dimaksud seperti banjir bandang, tanah longsor, cuaca ekstrem, gelombang ekstrem, abrasi, dan kekeringan yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Prasinta mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut serta dan berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024.

Baca juga: Kepala BNPB Sebut RI Hadapi Anomali Bencana, Ada Karhutla dan Banjir

Peringatan bakal diadakan pada 26 April 2024. Masyarakat dapat berpartisipasi dengan membunyikan kentongan, lonceng, atau sirene pada pukul 10.00 waktu setempat.

"Mari kita kenali ancaman bencana, pahami risiko bencana, tingkatkan budaya sadar bencana," ucapnya.

Hari Kesiapsiagaan Bencana telah diperingati sejak 2017 silam. Tahun ini kegiatan tersebut berpusat di Kota Padang, Sumatera Selatan.

Selain diikuti masyarakat di seluruh Indonesia, kegiatan tersebut secara khusus diikuti oleh 17 provinsi, 30 kabupaten atau kota, dan 180 desa atau kelurahan yang diintervensi program Indonesia Disaster Resilience Initiatives Project (IDRIP).

Baca juga: HK Gerak Cepat Turunkan Bantuan Alat Berat Atas Bencana Pariaman

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com