Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kowani Siap Gelar Peringatan Hari Kebaya Nasional Pertama di Istora Senayan

Kompas.com - 01/06/2024, 12:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kongres Wanita Indonesia (Kowani) akan menggelar peringatan Hari Kebaya Nasional Pertama pada tanggal 24 Juli 2024 di Istora Senayan, Jakarta. Acara ini akan berkolaborasi dengan para Komunitas Pencinta Kebaya Indonesia dan mengundang 7.000 perempuan dari seluruh Indonesia serta mitra Kowani di ASEAN.

Peringatan Hari Kebaya Nasional ini diselenggarakan dengan mengangkat tema "Lestarikan Budaya dengan Bangga Berkebaya".

Hal ini merupakan bentuk implementasi dari Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional yang merujuk pada Kongres Wanita Indonesia X yang dihadiri oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, dan anggota Kowani dari seluruh Indonesia yang mengenakan pakaian nasional, kebaya.

Sebelum acara puncak, Kowani telah menyelenggarakan beberapa side event, salah satunya Talkshow dan Parade Kebaya yang diadakan pada hari Selasa, 28 Mei 2024.

Gelar wicara dan parade kebaya ini merupakan hasil kerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA) dan para Komunitas Pencinta Kebaya Indonesia di Kantor KemenPPPA.

Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto dalam sambutan menyampaikan, talkshow dan parade kebaya diselenggarakan sebagai wadah para penggiat kebaya dan perempuan untuk berbagi gagasan, pengalaman, dan wawasan dari berbagai perspektif.

Parade kebaya menjadi momentum untuk mengagumi keindahan kebaya, keistimewaan dan keunikan dari berbagai daerah di Indonesia sekaligus mempromosikan warisan budaya bangsa.

"Kebaya bukan hanya sebagai tampilan busana saja, namun setiap helai, memiliki makna yang menggambarkan identitas keragaman daerah-daerah di nusantara, nilai filosofis dan pesan sejarah perjuangan perempuan indonesia dan juga sebagai alat pemersatu bangsa," ungkap Giwo.

"Selain itu, dengan mengenakan kebaya, secara tidak langsung kita juga bukan sekedar sebagai agen budaya, tetapi agen ekonomi dan agen perubahan dengan menjadikan kebaya sebagai wadah kreativitas yang bernilai ekononomis namun tanpa menghilangkan pakem dari kebaya itu sendiri," tambahnya.

Dalam akhir sambutannya, Ketua Umum Kowani kembali menyampaikan apresiasi dan terimakasih setinggi-tingginya kepada KemenPPPA yang telah mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan acara tersebut.

Baca juga: The Kaibon, Bentuk Kepedulian KSP Terhadap Budaya Keraton Banten

Sekitar 250 hadirin dan tamu undangan yang datang sangat antusias dan percaya diri dengan mengenakan kebaya yang anggun dan beraneka ragam, serta menanti dengan segera penyelenggaraan Hari Kebaya Nasional nanti di Istora Senayan.

"Hal ini selaras dengan tujuan Kowani dalam penyelenggaraan peringatan tersebut adalah ingin menggaungkan kembali semangat perjuangan kaum perempuan, persatuan dari keberagaman ras, suku, dan budaya yang disatukan melalui kebaya," tutup Giwo.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com