Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relawan 10 Negara Dikerahkan, Bangun 10 Rumah Korban Gempa Cianjur

Kompas.com - 22/03/2023, 14:00 WIB
Josephus Primus,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Prudential Indonesia yang bergerak di bidang asuransi jiwa menggelar inisiatif merespons bencana alam gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Gempa di Cianjur pada Senin (21/11/2022) berkekuatan 5,6 Magnitudo. Gempa bumi itu meninggalkan banyak korban mulai dari materi hingga manusia.

Gempa bumi di Cianjur, selanjutnya, masuk dalam catatan akhir 2022 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sumber gempa Cianjur adalah sesar Cugenang yang posisinya di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Ada 169 desa terdampak gempa Cianjur. Sebanyak 56.548 rumah dinyatakan rusak. Dari jumah itu, 13.633 rumah dalam status rusak berat.

Total jumlah korban jiwa mencapai kisaran 600 orang. Kecamatan Cugenang mencatatkan jumlah 400 korban meninggal dunia dari total tersebut di atas. 

Baca juga: Jadi Penyumbang Terbesar, Yuk Bantu Kurangi Sampah Makanan dengan 4 Tip Ini

Berangkat dari kondisi gempa Cianjur, Prudential Indonesia melalui pernyataan tertulis terkini, Rabu (22/3/2023), memberikan informasi bahwa ada gelaran program Community Investment Prudential Corporation yang menggandeng dua pihak.

Kedua pihak itu adalah Community Investment Prudential Corporation dalam lingkup regional dan Prudence Foundation pada skala internasional.

Prudential Indonesia juga memberdayakan sekitar 70 orang relawan yang disebut 70 PRUVolunteers dari 10 negara termasuk Indonesia, serta Hong Kong, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, Kamboja, Laos, Taiwan, dan Thailand.

Di luar itu, Prudential Indonesia menggamit Posko Jenggala, sebuah gerakan kemanusiaan penanganan bencana di Indonesia.

Terkait program, Presiden Direktur Prudential Indonesia Michellina Laksmi Triwardhany menyebut ada target menghadirkan tempat tinggal sementara untuk sekitar 235 korban gempa CianjurJumlah itu setara dengan 78 keluarga.

Pada jenjang waktu 11-18 Maret 2023, para relawan regional yang terlibat akan membantu pembangunan 10 unit hunian sementara ukuran 6 x 8 meter.

Kemudian, ada juga pembangunan 5 unit barak sementara berukuran 6 x 15 meter. Selanjutnya, terdapat pengerjaan 10 unit tempat mandi, cuci, kakus (MCK).

Fokus seluruh pembangunan untuk warga masyarakat di kawasan Kampung Barukaso dan Kampung Barukaso Wetan, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat.

Sementara itu, data termutakhir Prudential Indonesia juga membeberkan kegiatan pada 26-27 November 2022.

Pada jangka waktu itu, Prudential Indonesia sudah menyalurkan bantuan berupa dana, pelayanan pengobatan gratis, serta peralatan darurat bencana seperti tenda dan lebih dari 5.000 unit alas tidur, untuk korban gempa Cianjur.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com