Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2023, 07:56 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan meluncurkan cetak biru terkait perubahan iklim pada gelaran Conference of the Parties 28 (COP28) di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), 3 Desember 2023.

Kepala OIKN Bambang Susantono menjelaskan, dokumen ini bernama Regionally and Locally Determined Contribution (RLDC).

"Ini adalah versi dari sebuah National Determine Contribution lokal yang berisikan peta jalan dan cetak biru bagaimana IKN nantinya akan men-set atau meraih berbagai target yang berhubungan dengan climate change," tutur Bambang dalam media briefing secara daring, Jumat (24/11/2023).

RLDC ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai target nol emisi karbon pada tahun 2045 di IKN.

Lanjutnya, dokumen RLDC telah melalui beberapa diskusi dengan sejumlah stakeholders, mulai dari pemerintah, para ahli, akademisi, hingga NGO internasional.

"Semuanya ini tak akan berhasil kalau kita tak melakukannya secara bersama-sama. So let's have this document as our document not authority document only," imbuh Bambang.

Baca juga: 3.000 Hektar Tambang Ilegal Dekat IKN Segera Ditutup

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Myrna Asnawati Safitri menjelaskan, pada COP28 mendatang, OIKN akan kembali mengenalkan visinya sebagai kota hijau dan berkomitmen untuk melakukan pengendalian perubahan iklim.

"Ini (RLDC) juga untuk menunjukkan kepada komunitas internasional bahwa Pemerintah Indonesia serius untuk hal ini (perubahan iklim)," tegas Myrna.

Selain itu, RLDC juga menjadi bentuk keseriusan OIKN untuk mewujudkan sebuah kota yang ramah lingkungan serta memitigasi emisi gas rumah kaca (GRK).

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com