Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Danau di Indonesia Kritis, Tercemar Pupuk Pertanian

Kompas.com - 25/05/2024, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan setidaknya ada 15 danau di Indonesia yang berada dalam kondisi kritis.

Salah satu faktor penyebabnya adalah sistem pertanian yang kurang baik di kawasan hulu danau.

Misalnya, pertanian jagung yang ditanam di wilayah hulu danau dan diberikan pupuk. Pada saat hujan, pupuknya larut, kemudian masuk ke badan-badan air atau sungai dan terbawa ke danau.

Oleh karena itu, penting untuk merevitalisasi danau guna memajukan konservasi air serta mempertahankan akses berkelanjutan terhadap air baku.

"Erosi dan sedimen sebagian besar adalah dari darat. Jadi kita harus mendekatkan sektor pertanian ke sektor air," kata Menteri Basuki saat melakukan pertemuan bilateral dengan Director Land and Water Division Food and Agriculture Organization atau Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Lifeng Li di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Jumat (24/5/2024).

Pada pertemuan tersebut, Pemerintah Indonesia dan FAO saling berbagi pengalaman terkait program-program pengelolaan air pertanian yang lebih baik dalam meningkatkan produktivitas pertanian, ketahanan pangan, pertanian berkelanjutan.

Baca juga: Perpamsi Usulkan Pembentukan Undang-undang hingga Kementerian Air dan Sanitasi

Selain itu, Basuki turut menyampaikan apresiasi kepada delegasi FAO yang turut serta dalam perhelatan World Water Forum (WWF) di Bali.

WWF menjadi wadah berbagi wawasan, pengalaman, dan pengetahuan untuk memajukan pengelolaan air pertanian dalam upaya mencapai keamanan air dan pangan di setiap negara secara berkelanjutan dengan memerhatikan lingkungan.

"Kita harus benar-benar membangun jembatan antara pertanian dan air karena pengelolaan pertanian dan pangan tidak hanya harus dimulai dari lahan, namun juga lahan dan air," tegas Basuki.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com