Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inisiatif "Gnextion" GIAS Group, Dorong SDG lewat Peningkatan Keterampilan Aplikator Bangunan

Kompas.com - 16/08/2024, 12:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sejak diluncurkan tahun 2021, komunitas pekerja bangunan terbesar di Indonesia, Gnetion, telah berkembang pesat dengan lebih dari 3.500 member aplikator yang tersebar di seluruh tanah air.

Komunitas ini berperan aktif dalam berbagai proyek pembangunan, baik yang melibatkan instansi pemerintah maupun sektor swasta.

Sebagai inisiator komunitas Gnetion, PT Global Indonesia Asia Sejahtera (GIAS Group) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “Gnextion: The Next Level of Gnetion” sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi tinggi para aplikator.

Managing Director GIAS Group, Ernest (15/8/2024) menegaskan, melalui program-programnya, Gnetion menunjukkan komitmen tidak hanya untuk meningkatkan standar dan kualitas pekerja bangunan tetapi juga untuk mendukung tujuan-tujuan global yang lebih luas.

Inisiatif seperti ini, ungkap Ernest, penting dalam membangun masa depan yang lebih berkelanjutan dan inklusif bagi seluruh masyarakat. “Komunitas Gnetion merupakan wujud komitmen GIAS Group dalam memberdayakan aplikator di seluruh Indonesia," tegas Ernest.

Dia menyampaikan, inisiatif Gnetion ini tidak hanya berfokus pada penghargaan dan peningkatan kapasitas aplikator, tetapi juga memiliki dampak signifikan terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Peluncuran Gnetion juga menawarkan tambahan ilmu dan keterampilan bagi aplikator sejalan dengan upaya meningkatkan pendidikan dan pelatihan di sektor konstruksi. Pendidikan berkualitas dinilai penting dalam memperkuat kompetensi tenaga kerja dan mendorong inovasi dalam industri.

"Program ini mendukung penciptaan pekerjaan layak dan pengembangan ekonomi dengan memberikan peluang penghasilan tambahan dan keterampilan kepada aplikator. Hal ini berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," jelasnya.

Rangkaian kegiatan "Gnextion"

“Gnextion: The Next Level of Gnetion” berlangsung selama tiga hari, dari Rabu (7/8/2024) hingga Jumat (9/8/2024) dengan kegiatan diadakan di tiga lokasi berbeda setiap harinya.

Dalam acara tersebut, terdapat dua program utama yang dilaksanakan. Program pertama adalah Program Apresiasi Aplikator Top 15, yang memberikan penghargaan kepada aplikator terbaik yang telah menunjukkan kinerja unggul.

Program kedua adalah peluncuran Gnetion Pro, level tertinggi dalam komunitas Gnetion. Aplikator yang mencapai level ini tidak hanya akan menjadi brand ambassador produk GNET dan komunitas Gnetion, tetapi juga memiliki kesempatan memperoleh tambahan ilmu, keterampilan, dan penghasilan.

Marketing GIAS Group, Marjohan mengungkapkan kegiatan Gnextion menjadi wujud penghargaan GIAS Group secara nyata atas loyalitas tinggi para aplikator Gnetion.

"Kami sadar bahwa untuk bermitra dengan rekan aplikator merupakan sebuah langkah strategis perusahaan untuk semakin maju dan merealisasikan visinya membangun industri bahan bangunan dan konstruksi Indonesia yang lebih baik,” tambah Marjohan.

Selain melakukan kunjungan ke kantor pusat (7/8/2024), aplikator berkesempatan mengunjungi salah satu pabrik BLKP Group, sister company dari GIAS Group yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten (8/8/2024).

Baca juga: Diundang Presiden Jokowi ke IKN, Prof Zudan Arif Fakrulloh: Futuristik, Modern, dan Cerminkan Konsep Pembangunan Hijau

Aplikator mempelajari proses produksi baja ringan seperti floordeck, hollow, truss dan langsung mempraktikkannya dalam sesi konstruksi dipimpin Tim Engineering BLKP Group.

Pada hari Jumat (9/8/2024) aplikator berkesempatan mengunjungi pameran material dan bahan bangunan IndoBuildTech Expo yang berlokasi di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.

Di sini, aplikator diajak melihat berbagai macam material dan belajar terkait cara-cara pengaplikasiannya. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan meningkatkan skill para aplikator agar dapat semakin andal dalam menggunakan material bahan bangunan.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau