Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2024, 11:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bekerja sama dengan perusahaan energi asal Arab Saudi, ACWA Power, mengembangkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Saguling di Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Kerja sama tersebut tertuang melalui penandatanganan power purchase agreement (PPA) untuk proyek PLTS terapung dengan kapasitas 92 Megawatt peak (MWp).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, langkah strategis ini ditempuh PLN untuk meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) yang selaras dengan agenda transisi energi di Indonesia.

Baca juga: Kapasitas Listrik EBT Naik 500 GW Pada 2023, Didominasi PLTS

Dia menuturkan, transisi energi ke EBT juga merupakan salah satu upaya untuk melawan pemanasan global.

"Pemanasan global menawarkan tantangan besar, namun juga memberikan peluang luar biasa, peluang untuk berkembang, peluang untuk berkolaborasi, baik dalam strategi, inovasi teknologi, maupun investasi bersama," kata Darmawan dikutip dari siaran pers PLN, Kamis (15/8/2024).

Darmawan mengatakan, PLTS Terapung Saguling apabila telah beroperasi berpotensi menurunkan emisi karbon sebesar 120 ribu ton per tahun.

Melalui kerja sama yang terjalin, PLN Indonesia Power sebagai subholding PT PLN akan menguasai saham senilai 51 persen. Sisanya akan dimiliki oleh ACWA Power.

Baca juga: Pemerintah Resmi Relaksasi TKDN PLTS, Cek Jadwalnya

"Kami sangat mengapresiasi ACWA Power atas penandatanganan PPA. Ini hanya permulaan dan merupakan simbol yang membuka peluang kerja sama yang jauh lebih besar antara Arab Saudi dan Indonesia," lanjut Darmawan.

Chief Executive Office ACWA Power Marco Arcelli menyampaikan, Indonesia merupakan negara dengan potensi energi hijau yang begitu melimpah.

Sebagai perusahaan desalinasi air swasta terbesar di dunia, ACWA Power menegaskan kesiapannya dalam bekerja sama dengan PLN guna mengembangkan energi hijau di Indonesia.

Dia menuturkan, di negara-negara dengan kepadatan penduduk yang tinggi, PLTS terapung menjadi solusi terbaik untuk memanfaatkan energi surya.

Baca juga: Pemerintah Genjot Penambahan Kapasitas PLTS Terapung 14 GW

"Bentang laut Indonesia yang luas dan cahaya matahari yang melimpah menghadirkan potensi besar bagi proyek ini. Kami berharap dapat bekerja sama dengan mitra kami, PLN, untuk berkontribusi pada visi negara dalam meningkatkan kapasitas energi terbarukan," jelas Marco.

Duta Besar Arab Saudi untuk Republik Indonesia Faisal Bin Abdullah Al-Amudi menyampaikan, kerja sama pengembangan EBT ini merupakan hubungan bilateral di tingkat strategis yang diinisiasi oleh para pemimpin Indonesia dan Arab Saudi.

Dia menilai kolaborasi ini akan meningkatkan perekonomian kedua negara.

Faisal berujar, Arab Saudi adalah ekonomi terbesar di kawasan Timur Tengah dan Indonesia adalah ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

"Kedua negara memilik potensi yang besar dalam hal investasi, dalam kesempatan ini kami juga mengundang para investor untuk dapat meningkatkan investasi di Arab Saudi maupun Indonesia," jelas Faisal.

Baca juga: Ghana Resmikan PLTS Terapung Terbesar se-Afrika Barat

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau