Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Jaring Kontribusi Berkelanjutan Generasi Muda Lewat "SATU Indonesia Awards 2023"

Kompas.com - 19/06/2023, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahap penjaringan 14th SATU Indonesia Awards 2023, memasuki minggu ketigabelas. Ajang ini digelar untuk menjaring kontribusi berkelanjutan generasi muda Indonesia dalam program SATU Indonesia Awrds.

Astra menginisiasi program ini sebagai wujud apresiasi bagi anak bangsa yang telah berkontribusi untuk mendukung terciptanya kehidupan berkelanjutan yang diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk memotivasi generasi muda lainnya di seluruh Indonesia dalam melakukan hal yang sama atau bahkan lebih baik lagi.

Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah menuturkan, Perusahaan berkomitmen untuk mendorong generasi muda saat ini agar dapat berkolaborasi dengan generasi muda lainnya untuk memberikan inspirasi bagi sekitarnya.

"Seperti halnya yang dilakukan oleh Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 Bidang Kewirausahaan Elsa Maharani," kata Riza.

Baca juga: Desa Sejahtera Astra Tingkatkan Pendapatan Warga hingga 89 Persen

Elsa turut berbagi cerita inspiratif atas kontribusinya dalam mengasah keahlian para perempuan yang berekonomi lemah di sekitar tempat tinggalnya.

“Kami melihat banyak potensi di masyarakat yang bisa dikolaborasikan menjadi social entrepreneur. Tinggal bagaimana generasi muda mau berpikir kreatif, inovatif dan berdaya,” ujar Elsa.

Elsa yang berasal dari Kota Padang, Sumatera Barat, ini telah merangkul 54 tenaga kerja yang merupakan ibu rumah tangga dan kalangan difabel untuk membuat karya bermanfaat bagi masyarakat sekitar yaitu pakaian busana santun.

Melalui dua label miliknya yaitu Maharani dan juga Hamka Indonesia, Elsa memasarkan produknya dengan memiliki 225 reseller dan 2.700 member yang tergabung dalam platform miliknya, serta salah satu offline store di pusat perbelanjaan di Selangor, Malaysia.

Selama satu bulan label miliknya mampu memproduksi sekitar 2.000 hingga 5.000 dengan pendapatan lebih dari Rp 400 juta.

Selain itu, Elsa telah mendirikan Kampung Jahit di tempat asalnya dengan 70 peserta untuk dibina dan diedukasi cara membuat pakaian.

Baca juga: Gelar Festival Berkah Bumi, Astra Tampilkan 9 Desa Wisata di Resta Pendopo Km 456

Setelah empat tahun berlangsung, warga yang sebelumnya berprofesi sebagai pencacah batu kali dan asisten rumah tangga, beralih untuk mengikuti jejak Elsa dan mendapatkan penghasilan tetap di atas upah minimum regional Kota Padang.

Ada pun masa penjaringan 14th SATU Indonesia Awards telah berlangsung sejak 6 Maret 2023 hingga 6 Agustus 202. Terdapat lima kriteria penilaian yaitu motif, obstacle, outcome, outreach, dan juga sustainability.

Adanya peningkatan bobot yang lebih tinggi pada aspek sustainability, yang semula hanya berdasarkan pada kesinambungan dari komitmen kegiatan para peserta akan diperluas dan diselaraskan pada pada poin-poin Sistainable development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh pemerintah serta Astra 2030 Sustainability Aspirations.

"Semangat Astra mencari generasi muda dengan kontribusi keberlanjutan untuk hari ini dan masa depan Indonesia adalah sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung SDGs Indonesia." tuntas Riza.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com