Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hemat Uang Belanja, Tempat Sampah Ini Bisa Anda Buat Sendiri

Kompas.com - 09/07/2023, 14:35 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber Homify

KOMPAS.com - Tempat sampah daur ulang adalah benda yang tidak biasa ada di rumah kita. Tetapi tanpa mereka, kita akan kesulitan menjaga kebersihan rumah, dan membuang barang-barang daur ulang dengan benar.

Dalam banyak hal, tempat sampah daur ulang yang tepat dapat membuat perbedaan besar di rumah Anda. Terutama jika Anda adalah seseorang yang senang memisahkan sampah untuk dibuang dan didaur ulang dengan benar.

Namun, pernahkah Anda membayangkan bahwa jika sampah bisa diolah secara berkelanjutan, mengapa tempatnya tidak?

Kebanyakan tempat sampah memang terbuat dari plastik, atau material lain yang pembuatannya rumit dan belum tentu ramah lingkungan.

Baca juga: Bergantung Daur Ulang Saja Tak Cukup Atasi Sampah Plastik

Bagaimana dengan tempat sampah yang terbuat dari kardus? Tentu saja tidak mudah, karena kardus adalah bahan yang tidak dapat menampung air dan cairan, meskipun mudah didaur ulang.

Namun, jangan khawatir, selain mudah dibuat oleh hampir semua orang, tempat sampah kardus ini hanya membutuhkan sedikit kreativitas dan sejumlah bahan scrapbooking dasar.

Begini cara membuatnya:

1. Kumpulkan semua bahan

Temukan kotak kardus/karton berukuran kecil hingga sedang yang akan berfungsi sebagai cangkang tempat sampah daur ulang.

Anda bisa menggunakan kotak bekas air minum dalam kemasan (AMDK), makanan, atau mungkin sesuatu yang sedikit lebih besar.

Ukuran kardus ini sangat bergantung pada luas dapur atau area di mana tempat sampah daur ulang ini akan ditempatkan.

Baca juga: Sepatu Lari Ini Terbuat dari 90 Persen Material Daur Ulang

Namun, secara umum, lebih kecil lebih baik karena tidak akan memakan terlalu banyak ruang di dapur, kamar, atau di mana Anda ingin meletakkannya.

Pastikan kardus tersebut dalam kondisi baik, dan memiliki dasar yang kuat, dengan semua tutupnya masih terpasang. Kemudian lipat kembali kotak tersebut agar tidak rata lagi.

2. Perkuat dan rekatkan kardus 

Setelah memiliki kotak yang tepat untuk tempat sampah daur ulang, tambahkan selotip yang cukup di bagian bawah, perkuat dengan benar dan dapat menahan beban sampah. Selain itu, Anda bisa memperkuat sisi kotak dengan lakban, terutama di bagian bawah dan samping.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com