Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMA Pradita Dirgantara Turut Pecahkan Rekor Dunia Angklung 2023

Kompas.com - 06/08/2023, 20:40 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - SMA Pradita Dirgantara Solo, di Boyolali, Jawa Tengah, turut berpartisipasi dalam pemecahan rekor dunia Guinness World of Records (GWR) Angklung 2023 yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (5/8/2023).

Rekor pergelaran angklung yang dicatat GWR ini diikuti oleh 15.110 peserta dari seluruh penjuru Nusantara.

Pemecahan rekor dunia diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) yang merupakan perhimpunan istri-istri anggota kabinet Indonesia Maju sebagai salah satu upaya dalam mendukung pelestarian budaya bangsa.

Baca juga: Kata Nicholas Saputra tentang Literasi Digital dalam Event Budaya

Angklung juga telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

Pendidi SMA Pradita Dirgantara Solo Nanny Hadi Tjahjanto, yang juga hadir pada kesempatan ini, mengungkapkan rasa bangganya dengan memberikan semangat kepada 80 siswa SMA Pradita Dirgantara Solo.

“Keikutsertaan SMA Pradita Dirgantara ini adalah wujud cinta siswa-siswi terhadap budaya Indonesia. Terbukti, tidak hanya di Jawa Barat, angklung ini dicintai oleh seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Nanny.

Baca juga: Kata Nicholas Saputra tentang Literasi Digital dalam Event Budaya

Bersama ribuan peserta lainnya, siswa SMA Pradita Dirgantara Solo menyanyikan lagu nasional Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud dan lagu Wind of Change yang dipopulerkan grup musik legendaris Scorpions.

Pada kesempatan ini, seluruh peserta dipandu oleh Mang Udjo, dari Saung Angklung Udjo.

Hadir pula Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wury Estu Ma’ruf Amin yang juga ikut memainkan angklung.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com