Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2023, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menyelesaikan renovasi dan penyelesaian pembangunan dua gereja di Sumatera Utara (Sumut) yaitu Gereja HKBP Simaninggir di Desa Simaninggir, Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Gereja BNKP Tugalamanu di Desa Hilisalo’o, Kecamatan Sitolu Ori, Kabupaten Nias Utara.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (8/9/2023), disebutkan bahwa total dana untuk perbaikan kedua sarana ibadah ini sebesar Rp 150 juta.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan, renovasi dan perbaikan tersebut merupakan salah satu fokus Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perseroan tahun 2023.

“Sebelumnya, telah dilakukan survei bersama antara Hutama Karya dengan para pengurus gereja. Kedua gereja tersebut perlu direnovasi, utamanya perbaikan atas kerusakan pada bagian atap, plafon, jendela, hingga pengecatan ulang untuk meningkatkan kualitas kenyamanan beribadah,” kata dia.

Baca juga: Hutama Karya Salurkan Rp 200 Juta untuk UKM Pertukangan

Tjahjo menjelaskan, kedua gereja tersebut dipilih lantaran lokasinya berdekatan dengan proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat serta Indrapura-Kisaran yang digarap perusahaan dan segera rampung dalam waktu dekat.

“Gereja ini merupakan sarana ibadah utama di Kecamatan Sitahuis yang dapat menampung hingga 600 jemaat," ucap Tjahjo.

Ke depannya, Hutama Kartya berharap agar bantuan dana renovasi gereja ini dapat menjadi solusi dengan menghadirkan sarana ibadah yang modern dan nyaman bagi pendeta, pengurus, maupun jemaat Gereja HKBP Simaninggir sekaligus Gereja BNKP Tugalamanu.

Melalui proses renovasi gereja ini, Hutama Karya juga telah berupaya menambah jumlah kapasitas jemaat saat beribadah, serta melengkapi berbagai sarana prasarana penunjang ibadah di gereja.

Ketua Pengurus HKBP Simaninggir Arsupil Hutauruk menyampaikan apresiasi kepada Hutama Karya atas bantuan dana pembangunan gereja yang diurusnya.

“Tentunya bantuan dari Hutama Karya ini akan sangat bermanfaat. Setelah dilakukannya proses pembangunan, kami yakin gereja ini dapat menjadi sarana yang nyaman bagi jemaat pada ibadah mingguan,” tuntas Arsupil.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com