Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2023, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerakan Maju Tani yang terdiri dari sekolompok petani-petani muda menghadirkan konsep pertanian modern, yaitu Meta Farming.

"Meta Farming adalah konsep di mana kita mengintegrasikan pertanian dunia nyata dan digital," ujar Inisiator Gerakan Maju Tani Erwin Gunawan saat menemui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Baca juga: 11 September Bertemu Moeldoko, Gerakan Maju Tani Tawarkan Konsep Meta Farming

Konsep Meta Farming diterapkan dengan teknologi pertanian modern, sehingga kegiatan bisa dilakukan di sebuah alat yang disebut dengan Greens Spot. Lewat teknologi ini, kegiatan bertani bisa dilakukan di gedung.

Konsep ini terbagi lagi menjadi dua, yaitu Meta Farm dan Meta Farmer. Meta Farm adalah petani di seluruh Indonesia yang siap membuka lahannya secara online kepada Meta Farmer.

Sementara Meta Farmer adalah mereka yang mendaftar menjadi Meta Farmer, atau tidak terbatas.

"Jadi kita mengintegrasikan antara real farming dan online farming. Jadi siapapun dari Sabang sampai Merauke bisa login di website-nya majutani.id," imbuh Erwin.

Baca juga: Jababeka Lirik Pengembangan Kota Pertanian

Gerakan Maju Tani manargetkan bisa menggaet 10 juta petani baru untuk bergabung di Meta Farming pada tahun 2024.

"Sekarang kita masih private, tapi ini kita mau mulai mensosialisasikan dan merangkul, meminta dukungan dari pemerintah," jelas Erwin.

Terkait hal ini, Moeldoko mengapresiasi inisiatif generasi muda yang tergabung dalam Gerakan Maju Tani.

Dirinya juga berharap bisa terlahir kebijakan baru terkait pertanian modern untuk mengatasi dan mengantisipasi keparahan krisis pangan.

"Nah ini perlu ada sebuah kebijakan-kebijakan. Dan mereka (anggota Gerakan Maju Tani) mungkin bagian dari yang bisa memecahkan atas kebiijakan itu, harapan saya seperti itu," harap Moeldoko.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com