Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

COP28 Sambut Platform Investasi Solusi Iklim, Nilainya Rp 11,6 Triliun

Kompas.com - 03/12/2023, 12:34 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presidensi COP28 menyambut baik Platform Investasi Solusi Iklim baru senilai 750 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 11,6 triliun yang diumumkan oleh Investcorp.

Ini merupakan sebuah perusahaan manajemen investasi alternatif, sebagai bagian dari kolaborasi dengan 'Inovasi untuk Teknologi Iklim', koalisi antara Masdar City, Tencent, dan Catalyst yang difasilitasi oleh Presidensi COP28.

Platform Investasi Solusi Iklim ini akan memberikan modal pertumbuhan kepada perusahaan-perusahaan yang menyediakan produk, layanan, dan teknologi yang mendorong dekarbonisasi dan mengatasi dampak perubahan iklim.

Sebagai informasi, koalisi Innovate for Climate Tech diluncurkan pada bulan November 2023 dan difasilitasi oleh Presidensi COP28.

Koalisi ini dimotori oleh Masdar City, perintis komunitas perkotaan berkelanjutan dan pusat bisnis dan teknologi kelas dunia di Abu Dhabi.

Baca juga: COP28 Sepakati Dana Kerugian dan Kerusakan untuk Negara Miskin

Sementara Tencent, perusahaan internet dan teknologi terkemuka dunia yang berkantor pusat di China, dan Catalyst, akselerator teknologi startup yang berbasis di Kota Masdar.

Sebagai mitra investasi dalam koalisi, Investcorp dapat memanfaatkan basis pengetahuan koalisi dan memanfaatkan peluang jaringan untuk membantu memandu alokasinya.

CEO COP28 UEA Adnan Amin menyambut Investcorp ke dalam koalisi Innovate for Climate Tech. Komitmen mereka dalam mengatasi dampak iklim melalui teknologi sejalan dengan komitmen COP28 dalam mendukung, mempromosikan dan memfasilitasi penerapan teknologi iklim.

"Dengan bekerja sama dan membangun platform inovasi dan investasi, kita dapat menciptakan peluang bagi pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja yang berkelanjutan, terutama di wilayah-wilayah yang paling membutuhkannya,” kata Adnan.

Co-CEO Investcorp Rishi Kapoor memastikan, fokus perusahaan adalah meningkatkan solusi iklim yang terbukti secara komersial memberikan keuntungan risiko yang paling menarik dan memberikan dampak tertinggi.

"Langkah ini membantu perusahaan dan konsumen mencapai target dekarbonisasi dalam jangka waktu yang dipercepat,” imbuh Rishi,

Baca juga: Indonesia Kawal 4 Agenda Krusial dalam COP28

Sementara itu, Direktur Pertumbuhan Masdar City Steve Severance menambahkan, komitmen teguh Kota Masdar terhadap ekosistem teknologi iklim ditunjukkan melalui kemitraan strategis seperti ini.

"keyakinan kuat dalam bekerja sama mendorong inisiatif yang mempercepat dekarbonisasi dan membangun masa depan yang lebih berkelanjutan untuk generasi mendatang," cetus Steve.

Investcorp menyampaikan pengumuman tersebut pada Forum Bisnis dan Filantropi di COP28 di Dubai pada tanggal 1 Desember 2023.

Investcorp meluncurkan platformnya dengan komitmen awal dari Sovereign Wealth Fund Mumtalakat Bahrain dan lembaga-lembaga lain yang berbasis di Bahrain.

Beberapa entitas terbaru yang bergabung dengan koalisi ini antara lain Siemens, Asian Infrastructure Investment Bank, The Climate Drive yang didukung oleh World Business Council for Sustainable Development, dan Flat6Labs.

Kemudian Gulf Capital, Martin Trust Center for MIT Entrepreneurship, Climate Collective, Startup Nation Central, Rainmaking , Pusat Pertukaran dan Transfer Teknologi Lingkungan Belt and Road, Foresight Group, dan Principes Ventures.

Baca juga: Ikuti COP28, Indonesia Paparkan Kemajuan Aksi Iklim

Koalisi Innovate for Climate Tech menyatukan para inovator, investor, program, dan mitra pengetahuan teknologi iklim untuk menggerakkan ekosistem teknologi iklim global.

Koalisi ini memperkuat upaya COP28 untuk meningkatkan ekosistem teknologi iklim global dan akan melanjutkannya setelah konferensi dua minggu ini dengan memberikan landasan peluncuran yang signifikan untuk memperluas pekerjaan para anggotanya.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com