Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Target Emisi Nol 2060, PLN Serahkan REC kepada Bitera

Kompas.com - 21/12/2023, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) terus berupaya melakukan energisasi Layanan Pembangkit Listrik Ultimate Premium 59,8 MVA.

Energisasi ini bersamaan dengan serah terima resmi Sertifikat Energi Terbarukan atau Renewable Energy Certificate (REC) yang menjamin cakupan 100 persen layanan premium ini kepada Bitera.

Untuk diketahui, layanan tenaga listrik Ultimate Premium 59,8 MVA merupakan pencapaian puncak dalam solusi pasokan listrik.

Dirancang untuk dapat memberikan keandalan, efisiensi, dan keberlanjutan, layanan ini siap merevolusi dunia industri data center dengan menawarkan pasokan listrik tanpa gangguan, memastikan kinerja optimal, dan meminimalkan jejak karbon.

Baca juga: Dukung Energi Bersih, PLN Layani Permintaan REC untuk Pelanggan

Sementara REC merupakan terobosan inovasi yang diperkenalkan oleh PLN di sektor energi, yang bertujuan untuk meningkatkan proporsi energi bersih di Indonesia menjadi 25 persen pada tahun 2025.

Dengan menerapkan inisiatif ini, Bitera membuktikan komitmennya mendorong pembangunan berkelanjutan, khususnya di bidang energi hijau.

Sertifikasi ini juga menandai kemitraan istimewa antara kedua organisasi yang berkomitmen bersama dalam memberikan solusi tenaga listrik premium dan berkelanjutan.

CEO Bitera Tedy Harjanto menegaskan pentingnya kemitraan ini, karena perusahaan memiliki komitmen kuat terhadap efisiensi dan bisnis yang berkelanjutan.

Menurut Tedy, perusahaan menggunakan energi terbarukan, menyediakan teknologi pendingin canggih, menerapkan metode daur ulang dan pengurangan limbah yang mutakhir, serta secara aktif mencari peluang untuk lebih mengurangi dampak lingkungan.

Kolaborasi ini merefleksikan kesamaan pandangan dan nilai antara perusahaan dan PLN dalam menjalankan bisnis keberlanjutan.

Baca juga: Schneider Electric Beri Panduan untuk Memaksimalkan Potensi Data Center dan AI

"Kami sangat senang dapat menyediakan Bitera data center yang tidak hanya berteknologi maju tetapi juga sadar lingkungan kepada klien kami," ujar Tedy, Rabu (20/12/2023).

Adapun Bitera Data Center merupakan pusat data Tier 3+ yang dibangun khusus untuk kinerja, keamanan, dan keandalan.

Sementara itu, sebagai langkah mewujudkan Indonesia Net Zero Emission Tahun 2060, PLN terus bertransformasi dan berkomitmen untuk menyalurkan energi hijau ke seluruh nusantara.

REC merupakan salah satu inovasi produk hijau PLN untuk mempermudah pelanggan mendapatkan pengakuan atas penggunaan energi baru terbarukan (EBT) yang diakui secara internasional.

Sepanjang tahun 2023, tepatnya hingga bulan Oktober 2023, PLN UID Jakarta Raya telah merilis 244.442 lembar REC atau setara dengan 244.442.000 kWh.

"Salah satu pengguna REC PLN adalah Bitera, yang memiliki komitmen dalam menggunakan energi hijau," tambah General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com