Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Standar Pembuatan Toilet Publik Ramah Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 06/05/2023, 14:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Toilet bersih pada bangunan atau area publik dapat mewakili citra dari budaya sebuah bangsa. Bersih toilet publiknya, maka bersih pula bangsanya.

Demikianlah perumpamaan yang kerap digaungkan para pegiat toilet bersih, Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), maupun World Toilet Organization (WTO).

Hal ini mengingat toilet merupakan salah satu fasilitas yang dibutuhkan masyarakat, tak terkecuali bagi penyandang disabilitas.

Namun faktanya, menemukan toilet bersih pada bangunan publik dengan intensitas penggunaan tinggi, tidak mudah. Sering ditemui toilet yang kotor, basah, dan dirancang asal-asalan atau sembarangan.

Jangan bicara toilet publik untuk kalangan penyandang disabilitas, untuk masyarakat non-difabel pun tak banyak tersedia toilet representatif dan memenuhi standar.

Baca juga: Central Market PIK, Fasilitas Ritel Pertama Peraih Sertifikat Bangunan Hijau

Oleh karena itu, penting diperhatikan standar pembuatan toilet, terutama secara teknis agar ramah penyandang disabilitas.

Kriteria teknis sejatinya telah ada dalam Peraturan Menteri PUPR Nomor 14/PRT/M/2017 tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung.

Untuk penyandang disabilitas, luas ruang di dalamnya paling sedikit berdimensi 152,5 centimeter x 227,5 centimeter dengan mempertimbangkan ruang gerak pengguna kursi roda.

Kemudian, lebar bersih pintu toilet untuk penyandang disabilitas paling sedikit 90 centimeter.

Sementara untuk daun pintu toilet, pada dasarnya membuka ke arah luar dan memiliki ruang bebas sekurang-kurangnya 152,5 centimeter antara pintu dengan permukaan terluar kloset.

Namun jika daun pintu toilet membuka ke arah dalam, maka harus memberikan ruang bebas yang cukup untuk pengguna kursi roda melakukan manuver berputar 180 derajat dan membuka atau menutup daun pintu.

Lalu, pintu toilet penyandang disabilitas perlu dilengkapi dengan plat tendang di bagian bawah pintu untuk pengguna kursi roda dan penyandang disabilitas netra.

Selain itu, pintu toilet baiknya juga dilengkapi dengan engsel yang dapat menutup sendiri.

Kemudian, pada bagian atas luar pintu toilet tersedia lampu alarm (panic lamp) yang akan diaktifkan oleh pengguna toilet.

Caranya dengan menekan tombol bunyi darurat atau menarik tuas yang tersedia di dalam ruangan apabila terjadi keadaan darurat.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com