Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2023, Inggris Alami Juni Paling Panas Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 05/07/2023, 07:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – 2023 ini, Inggris untuk pertama kalinya mengalami bulan Juni terpanasnya sepanjang sejarah sejak pencatatan suhu dimulai pada 1884.

Badan cuaca Inggris, The Met Office, melaporkan bahwa suhu rata-rata Inggris pada Juni adalah 15,8 derajat celsius.

Suhu tersebut 0,9 derajat celsius lebih panas dibandingkan rekor sebelumnya yaitu 14,9 derajat celsius pada 1940 dan 1976.

Baca juga: Waspada DBD Meski Cuaca Panas Akibat Fenomena El Nino

Pecahnya rekor tersebut tak lepas dari faktor perubahan iklim dan pemanasan global, sebagaimana dilansir Associated Press.

Dikhawatirkan, fenomena ini akan lebih sering terjadi dalam beberapa tahun mendatang bila perubahan iklim dan pemanasan global tidak segera ditangkal.

Paul Davies dari The Met Office mengatakan, kemungkinan suhu yang lebih panas dibandingkan rekor sebelumnya sangatlah tinggi karena perubahan iklim.

“Pada 2050-an, peluang untuk melampaui rekor sebelumnya sebesar 14,9 derajat celsius bisa setinggi sekitar 50 persen, atau setiap dua tahun sekali,” kata Davies.

Baca juga: Tips Tetap Dingin di Tengah Suhu Panas, Nomor 8 Tarik Nafas Singa

Mayoritas wilayah Inggris, dari Kepulauan Orkney di Skotlandia utara hingga Cornwall di Inggris barat daya, melaporkan suhu regional tertinggi pada Juni.

Banyak di antara wilayah-wilayah di Inggris mengalami peningkatan suhu 2,5 derajat celsius di atas rata-rata.

Suhu tertinggi yang tercatat pada Juni di Inggris adalah 32,2 derajat celsius.

Tingginya suhu yang melanda Inggris juga menyebabkan dampak lain. Ribuan ikan di kanal-kanal dan sungai dilaporkan mati.

Baca juga: Perbedaan Pemanasan Global dan Perubahan Iklim

Badan lingkungan hidup Inggris, Environment Agency, melaporkan bahwa selain suhu yang panas, faktor lain yang menyebabkan kematian ribuan ikan tersebut adalah badai petir, polusi, dan lainnya.

“Tim Perikanan Environment Agency telah menanggapi banyak laporan ikan mati atau tertekan sepanjang waktu di seluruh negeri," kata Manajer Perikanan Environment Agency Graeme Storey.

Sebelumnya, sejumlah The Met Office mengatakan bahwa 2022 sejauh ini adalah tahun terpanas yang tercatat di Inggris.

Suhu rata-rata pada 2022 adalah 10,03 derajat celsius, atau 0,89 derajat celsius lebih tinggi dari rata-rata suhu pada 1991-2020.

Baca juga: Darat dan Lautan Catatkan Rekor Terhangat, Upaya Perlawanan Pemanasan Global Dipertanyakan

Beberapa negara Eropa lain, termasuk Perancis dan Spanyol, juga melaporkan rekor suhu tertinggi yang sama tahun lalu.

Sejak pencatatan dimulai lebih dari seabad lalu, sebanyak 10 rekor suhu tertinggi tahunan di Inggris telah terjadi sejak tahun 2003.

Para ilmuwan menyebutkan, kejadian tersebut jelas menunjukkan bahwa pemanasan global telah memengaruhi iklim di Inggris.

Baca juga: Eropa Jadi Benua yang Menghangat Paling Cepat karena Pemanasan Global

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com