Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Dekade BW KEHATI: Jaga Keanekaragaman Hayati, Kolaborasi dan Solusi

Kompas.com - 28/06/2024, 05:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Biodiversity Warriors KEHATI tahun ini genap berusia 10 tahun.

Dibentuk pada 2014 silam, Biodiversity Warriors (BW) bertujuan untuk mempopulerkan keanekaragaman hayati Indonesia baik dari sisi keunikan, pelestarian, dan pemanfaatannya secara bertanggung jawab.

Namun, Direktur Komunikasi dan Kemitraan Yayasan KEHATI Rika Anggraini mengatakan bahwa seiring waktu, permasalahan lingkungan hidup semakin kompleks dan berkembang.

Biodiversity Warriors dituntut untuk terus meningkatkan kapasitas diri dan melakukan inovasi untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut.

Baca juga: Dampak Negatif Industri Tambang, Sosial hingga Lingkungan

”Sebagai negara megabiodiversity, Indonesia memiliki tanggung jawab untuk melestarikan sejuta potensi keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya, sekaligus menghadapi ancaman perusakannya,” ujar Rika di Rumah KEHATI, Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Ia menambahkan, melalui dukungan Yayasan KEHATI, Biodiversity Warriors diharapkan mampu memberikan dampak positif yang signifikan dalam kegiatan konservasi di Indonesia.

Tantangan pelestarian keanekaragaman hayati

Rika melihat, salah satu tantangan terbesar saat ini adalah belum terbangunnya kesadaran menjaga keanekaragaman hayati.

Hal tersebut disebabkan salah satunya karena pengetahuan masyarakat yang kurang terhadap dampak-dampak negatif yang akan diterima, jika terjadi kerusakan pada alam Indonesia.

“Hal ini tampak jelas dari kebiasaan masyarakat yang masih gemar membuang sampah sembarangan, masih melakukan perburuan liar, dan memelihara satwa yang dilindungi,” tuturnya.

Beri edukasi dan kolaborasi

Untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut, kata dia, Biodiversity Warriors gencar memberikan edukasi lingkungan, baik melalui kunjungan langsung maupun digital.

Sudah banyak sekolah, universitas, bahkan perusahaan yang dikunjungi oleh BW untuk diberikan materi terkait pelestarian keanekaragaman hayati dan lingkungan hidup.

Adapun secara digital, BW aktif dalam berkampanye, memberikan seminar, dan pelatihan terkait isu-isu lingkungan.

Dalam melakukan kegiatannya, BW mengedepankan semangat kolaborasi. Sehingga, banyak kegiatan yang dilakukan bersama dengan LSM dan komunitas lingkungan yang lainnya.

Dari kolaborasi tersebut, melahirkan inovasi dan solusi mengatasi permasalahan lingkungan yang dilakukan oleh para kesatria keanekaragaman hayati Indonesia di bawah naungan BW KEHATI.

Mereka berpartisipasi dalam melakukan penyadartahuan kepada masyarakat luas melalui kegiatan penelitian dan aksi langsung di lapangan, kemudian disebarkan melalui website BW KEHATI.

Rika mengungkap, berbagai kegiatan telah diprakarsai oleh champions muda yang tergabung dalam BW KEHATI sebagai penggerak perlindungan dan penyelamatan biodiversitas Indonesia.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com