Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2024, 16:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - 15 musisi ternama mengikuti lokakarya yang mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak seperti musisi, pakar, serta organisasi iklim dan lingkungan guna meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang krisis iklim.

Lokakarya yang digelar oleh The Indonesian Climate Communications, Arts, and Music Lab (IKLIM) tersebut juga diharapkan dapat mendorong perubahan yang signifikan dan berkelanjutan.

Lokakarya bertema "Aktivisme Musik & Lingkungan" tersebut dilaksanakan pada 1-5 Juli 2024 di sejumlah lokasi di Ubud, Bali.

Baca juga: Target Iklim RI dalam NDC Kedua Harus Adil dan Inklusif

Para musisi yang terlibat dalam lokakarya tersebut adalah Asteriska, Bsar, Daniel Rumbekwan, DJ Bachoxs, Down For Life, Efek Rumah Kaca, Jangar, Las!, Matter Mos, Petra Sihombing, Poker Mustache, Rhosy Snap, The Vondallz, Voice of Baceprot, dan Wake Up Iris.

Peserta akan terlibat dalam sesi interaktif bersama organisasi iklim dan lingkungan serta pakar iklim

Nova Ruth, musisi yang tergabung dalam IKLIM dan album kompilasi sonic/panic yang dirilis tahun lalu bersama 13 musisi lainnya, mengatakan musik memiliki kekuatan menyampaikan pesan mendesak tentang krisis iklim.

"Melalui IKLIM, kami bertujuan menginspirasi tindakan dan meningkatkan kesadaran melalui ekspresi kreatif," kata Nova dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (2/7/2024).

Baca juga: Perempuan dan Anak Jadi Kelompok Paling Terdampak Perubahan Iklim

Selama lokakarya, peserta akan menjelajahi isu-isu krisis iklim, solusi energi terbarukan, dan dampak penggunaan batu bara terhadap polusi udara dan emisi karbon dioksida.

Selain itu, para musisi juga berkesempatan memperdalam keterampilan dalam menyusun narasi yang menarik tentang krisis iklim dan solusinya untuk memengaruhi persepsi dan tindakan masyarakat.

Selain memperdalam pemahaman tentang krisis iklim, para musisi juga akan melakukan
penanaman pohon bersama guna mengimbangi emisi karbon yang dihasilkan dari perjalanan para musisi dari kota asalnya ke Bali.

Kegiatan penanaman pohon akan dilakukan di area Gianyar sebagai langkah konkret untuk melestarikan ekosistem lokal.

Baca juga: Walhi Dorong Generasi Muda Layangkan Gugatan Iklim

Serangkaian kegiatan lokakarya ini diharapkan dapat menginspirasi musisi menggunakan platform mereka dalam menyebarkan pesan kesadaran lingkungan dan iklim melalui musik, pertunjukan, dan media sosial dengan cara-cara kreatif dan berdampak.

Selain itu, lokakarya juga akan mempererat kolaborasi antara musisi dan seniman, namun juga dengan organisasi iklim dan lingkungan.

Dengan demikian, musisi dan seniman dapat memperkuat kerja organisasi iklim dan membangun dukungan publik untuk reformasi serta implementasi kebijakan di Indonesia.

Baca juga: BKKBN: Perubahan Iklim Picu Berbagai Masalah Kehamilan

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com