Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2024, 12:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Perempuan dan anak perempuan menjadi kelompok yang paling terdampak terhadap perubahan iklim.

Dosen senior Victoria University Australia Jessica Shulman mengatakan, krisis iklim tidak bersifat netral, tapi juga memperparah ketidaksetaraan gender yang ada.

Dia menambahkan, perubahan iklim turut menimbulkan ancaman terhadap penghidupan, kesehatan, dan keselamatan perempuan dan anak perempuan.

Baca juga: Walhi Dorong Generasi Muda Layangkan Gugatan Iklim

"Sementara, di seluruh dunia, perempuan lebih bergantung pada laki-laki, namun memiliki akses yang lebih kecil terhadap sumber daya alam," kata Shulman dalam Guest Lecture Series dengan topik krisis gender dan iklim, Rabu (26/6/2024), dikutip dari situs web BRIN.

Di banyak daerah, perempuan memikul tanggung jawab yang tidak proporsional dalam memperoleh pangan, air, dan bahan bakar.

Ketika terjadi kekeringan dan curah hujan yang tidak menentu, perempuan sebagai pekerja terpaksa bekerja lebih keras untuk mengamankan pendapatan dan sumber daya bagi keluarga mereka.

Hal ini memberikan tekanan tambahan pada anak perempuan, yang seringkali harus meninggalkan sekolah untuk membantu ibu mereka mengatasi beban yang semakin meningkat.

Di satu sisi, perubahan iklim meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan bahaya hidrometeorologi.

Baca juga: BKKBN: Perubahan Iklim Picu Berbagai Masalah Kehamilan

Ketika suhu berubah, pola hujan menjadi tidak menentu dan cuaca buruk semakin parah. Hal tersebut membuat penghidupan dan ekosistem semakin terkena dampaknya.

Beberapa dampak krisis Iklim adalah banjir, curah hujan ekstrem, naiknya permukaan air laut, dan badai yang lebih hebat.

Negara–negara pulau dan kepulauan kecil menjadi pihak yang paling parah menghadapi ancaman nyata akibat kenaikan permukaan laut dan perubahan iklim.

Banjir dapat memengaruhi ketersediaan air minum bersih, sehingga memperburuk beban pengumpulan dan pengobatan perempuan.

Dampak lainnya adalah kekeringan. Saat ini, 53 dari 191 negara dan wilayah di seluruh dunia, yang merupakan rumah bagi 1,5 miliar perempuan dan anak perempuan atau 37,2 persen dari populasi perempuan di dunia, menghadapi paparan kekeringan yang tinggi atau sangat tinggi.

Baca juga: Ubah Gaya Hidup Bisa Bantu Tangani Perubahan Iklim

Dalam skenario emisi tinggi, proyeksi menunjukkan paparan terhadap fenomena ini dapat berdampak pada tambahan 9 hingga 17 persen populasi dunia pada 2030, juga 50 hingga 90 persen pada tahun 2080.

Meningkatnya kekeringan berkorelasi dengan memburuknya perkawinan anak dan angka kelahiran rendah di banyak negara.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com