Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menara Pemantau GRK Jambi Diremsikan, Upaya Mengendalikan Suhu Bumi

Kompas.com - 19/07/2024, 17:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meresmikan pendirian menara pemantau Gas Rumah Kaca (GRK) di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, pada Kamis (18/7/2024). 

Menara tersebut bertujuan mendukung upaya pengendalian suhu permukaan bumi yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, menara pemantau GRK tersebut adalah yang kedua yang sudah dimiliki Indonesia. Sebelumnya, pada 2023, menara pertama dibangun di Bukit Kototabang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. 

BMKG menilai menara pemantau GRK setinggi 100 meter tersebut sangat penting dalam upaya mengendalikan perubahan iklim yang membawa peningkatan suhu permukaan bumi secara drastis dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Suhu Laut Selandia Baru Pecahkan Rekor Tertinggi

"Tujuannya untuk memonitor gas-gas rumah kaca yang ambient, atau secara natural kehadirannya," ujar Dwikorita saat ditemui di Kantor BMKG, Jakarta, pada Jumat (12/7/2024) lalu. 

Ia mengatakan, menara pantau GRK memiliki kemampuan untuk mengklasifikasikan kadar karbon penyumbang utama GRK, seperti karbondioksida (CO2), belerang dioksida (SO2), nitrogen monoksida (NO), nitrogen dioksida (NO2), gas metana (CH4), dan klorofluorokarbon (CFC).

Data klasifikasi yang terekam pada menara BMKG itu, kata dia, selanjutnya akan dikomparasi dengan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian PPN/Bappenas untuk dijadikan landasan bagi pemerintah dalam mengintervensi kebijakan pembangunan jangka menengah pengendalian iklim.

Melalui data tersebut, sumber GRK dapat dianalisis, agar dapat diketahui cara penanganan dan solusinya. 

"Tujuannya agar kita lebih detail, lebih teliti dalam memonitor gas-gas rumah kaca yang dilaporkan ke presiden, sehingga presiden dan LHK ketika memutuskan kebijakan itu berbasis data yang lebih akurat," terang Dwikorita

Peningkatan suhu

Ia juga menjelaskan, terjadi peningkatan suhu di permukaan bumi. Peningkatan tersebut diketahui berdasarkan kajian Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) tahun lalu.

Sejak tahun 1970 sampai dengan 2023, didapati lonjakan suhu permukaan bumi hingga 1,45 derajat Celsius, dikutip dari Antara (18/7/2024). 

Tingkat kenaikan suhu global dari WMO tersebut hanya terpaut 0,05 derajat dari ambang batas peningkatan suhu permukaan yang disepakati negara-negara dunia, termasuk Indonesia, dalam konferensi Paris Agreement pada 2015 yakni setinggi 1,5 derajat Celsius.

Baca juga: Skenario Terburuk, Suhu Indonesia Bisa Naik 3,5 Derajat pada 2100

"1,45 derajat itu peningkatan yang lebih cepat, bahkan melampaui masa revolusi industri Inggris (1730-1800 an)," ujar Dwikorita.

Industri berbahan bakar batubara (mineral), moda transportasi, dan sumber polutan lainnya secara domestik juga berimplikasi pada peningkatan suhu maksimum di Indonesia. 

Adapun BMKG memproyeksikan setelah Sumatera Barat dan Jambi, akan ada enam daerah lain yang akan dibangun menara pemantau GRK tersebut, salah satunya Sumatera Selatan.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau