Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2024, 12:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com – Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) yang digelar di Mega Mall Batam pada 2-4 Agustus 2024 dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Pameran AKI yang digagas Kemenparekraf ini tidak hanya menarik minat pengunjung lokal, tetapi juga berhasil memikat wisatawan mancanegara, terutama dari Singapura dan Malaysia.

 

Dalam sambutannya Menparekraf Sandiaga mengatakan berkat keputusan memindahkan acara ke Batam, UMKM langsung mendapat order dari wisatawan mancanegara seperti dari Singapura juga Malaysia.

Sebagian dari produknya dalam tiga hari penyelenggaraan sudah habis terjual. Hal ini kata Menparekraf Sandiaga, menunjukkan program yang dihadirkan Kemenparekraf/Baparekraf sebagai program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Menparekraf berharap para peserta Pameran AKI Batam bisa memanfaatkan momentum ini untuk meraih pasar eksor.

"Kita ingin produk-produk UMKM Kepulauan Riau ini bisa tampil sebagai andalan kita untuk menambah jumlah ekspor produk-produk ekonomi kreatif kita yang tahun ini ditargetkan mencapai 28 miliar dolar AS," kata Menparekraf Sandiaga.

Pameran turut dihadiri Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, Muhammad Neil El Himam, Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf, Iman Santosa, serta Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Guntur Sakti.

Pameran ini menjadi bagian upaya Kemenparekraf memfasilitasi kolaborasi antara pelaku industri kreatif dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan komunitas kreatif, guna menciptakan jejaring kuat dan mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia.

Juara AKI Batam 2024

Pameran AKI 2024 Tanjung Pinan menampilkan berbagai produk unggulan dari subsektor fesyen, kerajinan tangan, kuliner, aplikasi, musik, dan film. Total ada 30 peserta yang berpartisipasi, dengan rincian 15 jenama kuliner, 6 kriya, 4 fesyen, 1 aplikasi, 2 musik, dan 2 film.

Baca juga: Peran Aktif TASPEN dalam Pengembangan UMKM lewat Rumah BUMN

Kesuksesan Pameran AKI 2024 di Batam juga membawa dampak ekonomi signifikan bagi daerah sekitarnya. Selain peningkatan pendapatan, acara ini juga mendorong pergerakan wisatawan dan konsumsi lokal yang memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian daerah.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau