Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Bahan Bangunan Raup Untung dari Produk Berkelanjutan

Kompas.com - 23/10/2024, 15:39 WIB
Monika Novena,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber ESG News

KOMPAS.com - Laporan terbaru dari Morningstar Sustainalytics memaparkan hampir 90 persen dari 110 perusahaan produk bangunan yang disurvei memperoleh sebagian pendapatan mereka dari produk dan layanan berkelanjutan.

Ini merupakan indikator yang signifikan, yang menunjukkan dunia makin fokus pada pentingnya solusi hemat energi dan ramah lingkungan dalam konstruksi.

Mengutip ESG News, Rabu (23/10/2024) sektor konstruksi saat ini menyumbang lebih dari 30 persen dari konsumsi energi global dan industri ini berada di bawah tekanan untuk memenuhi target nol bersih sebagaimana diuraikan dalam Perjanjian Paris.

Baca juga: “Social Enterprise” yang Ramah Lingkungan Masih Hadapi Stigma Negatif

Ini menjadikan sektor produk bangunan merupakan bagian integral dalam membentuk masa depan yang berlanjutan, terutama karena permintaan konstruksi tumbuh seiring dengan populasi global.

Keputusan yang dibuat tentang bagaimana bangunan dibangun dan dirawat pun akan menentukan konsumsi energi dan emisi jangka panjang sektor tersebut.

Kurang Transparansi

Meski ada statistik yang menggembirakan bahwa 90 persen perusahaan terlibat dalam keberlanjutan, tetapi 68 persen dari perusahaan tersebut tidak melaporkan berapa banyak pendapatan yang berasal dari solusi berkelanjutan.

Kurangnya transparansi ini menjadi tantangan utama investor dan regulator untuk menilai dampak sebenarnya dari inisiatif keberlanjutan perusahaan-perusahaan ini.

Berhubung lanskap ESG (Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola) terus berkembang, penting bagi perusahaan untuk memberikan pengungkapan yang lebih rinci dan konsisten tentang pendapatan terkait keberlanjutan mereka.

Kendati demikian laporan ini mengungkap Eropa berada di garis depan dalam mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam industri produk bangunan.

Eropa memiliki jumlah perusahaan terbesar yang memperoleh lebih dari 50 persen pendapatan mereka dari solusi berkelanjutan, didorong oleh tekanan regulasi Uni Eropa.

“Peraturan ini merupakan pendorong utama di balik kepemimpinan Eropa dalam praktik bangunan berkelanjutan,” catat laporan Morningstar Sustainalytics.

Baca juga: Teknologi Baru Ini Diklaim Bisa Ubah Air Limbah Jadi Avtur Berkelanjutan

Keuntungan Bangunan Hijau

Bangunan hijau tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan tetapi juga memberikan keuntungan finansial dan meningkatkan kesejahteraan penghuninya.

Menurut World Green Building Council, bangunan hijau di Amerika Serikat menggunakan energi 25 persen lebih sedikit dibandingkan dengan bangunan non-hijau. Sementara di India, angka tersebut dapat mencapai hingga 50 persen.

Bangunan hijau juga lebih hemat biaya dalam jangka panjang, mengurangi biaya operasional melalui konsumsi energi dan air yang lebih rendah, dan menghasilkan sewa dan harga jual yang lebih tinggi karena daya tariknya bagi pembeli yang sadar akan keberlanjutan.

Sistem sertifikasi Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) memperkuat manfaat itu, dengan mencatat bahwa bangunan bersertifikat biasanya memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi, biaya operasional yang lebih rendah, dan berkontribusi pada kesehatan publik yang lebih baik dengan menawarkan lingkungan dalam ruangan yang lebih sehat.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau