Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GWK Kembali Gelar Pemutaran Film dan Pembagian Buku Cerita

Kompas.com - 06/04/2023, 17:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Alam Sutera Realty Tbk kembali menyelenggarakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Budaya Literasi dengan mengundang siswa Sekolah Dasar Negeri IV Pecatu Badung, Kuta Selatan, Bali, untuk belajar, menambah literasi budaya dengan pemutaran film animasi “Petualangan Garuda Cilik” tanpa dipungut biaya.

Kegiatan ini dilakukan melalui anak perusahaan PT Garuda Adhimatra Indonesia, yang dihadiri 200 siswa dan guru pendamping.

Corporate Communication Division Head Alam Sutera Group Rossie Andriani menuturkan, film animasi “Petualangan Garuda Cilik” berkisah tentang pengorbanan Garuda mencari air keabadian, Tirta Amerta demi membebaskan Ibunya dari perbudakan.

Berbagai rintangan dihadapi dengan keberanian hingga akhirnya setia menjadi kendaraan Dewa Wisnu. Dikemas secara menarik dan mudah dipahami, film animasi keluarga ini merupakan hasil karya anak bangsa dan telah berhasil memperoleh penghargaan Piala Citra tahun 2015 sebagai “Film Pendek Animasi Terbaik”.

Baca juga: Dukung Pendidikan Berkualitas, HK Sumbang Rp 10 Juta buat Mahasiswa IPB

Program CSR Alam Sutera Group ini bertujuan untuk memajukan budaya literasi sejak dini ini, dilanjutkan dengan melakukan pembagian buku cerita Legenda Garuda Wisnu Kencana kepada siswa  SDN IV Pecatu.

Kegiatan rutin yang mengundang anak-anak Pendidikan Dasar di Bali dan sekitarnya ini, kembali dilakukan dengan tujuan menggalakkan budaya literasi sejak dini sembari mengenalkan budaya Bali yang indah.

Perusahaan berkomitmen mendukung pemerintah dalam upaya-upaya peningkatan budaya literasi dan kami meyakini bahwa budaya literasi harus ditanamkan sejak usia dini.

Budaya literasi sejak dini, memiliki peranan yang besar dalam melatih anak meningkatkan kemampuan dasar untuk membaca, menulis dan bercerita serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada anak.

”Selain menonton film animasi, para siswa juga diajak berkeliling Plaza Wisnu dan Dijelaskan mengenai peran Dewa Wisnu dalam kepercayaan masyarakat Bali yaitu sebagai Dewa Pelindung Alam Semesta," imbuh Rossie.

Garuda Wisnu Kencana (GWK Cultural Park) senantiasa berupaya melestarikan budaya dengan mengenalkan warisan budaya ke wisatawan yang berkunjung.

Bentuk pengenalan tersebut dilakukan salah satunya adalah dengan menyuguhkan pertunjukan beraneka ragam kesenian dan budaya Bali.

Tak kurang dari 15 pertunjukan Kesenian Bali, Parade Budaya Bali dan Kecak Spektakuler. Pada saat ini, GWK juga tengah menyelenggarakan Festival dan Pertunjukan Kolosal Ogoh-Ogoh yang berlangsung dari 26 Maret-23 April 2023 bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Badung Bali.

GWK Cultural Park dikembangkan PT Alam Sutera Realty Tbk sebagai sebuah wisata taman budaya di atas lahan 60 hektar, yang terletak di Ungasan, Kabupaten Badung.

Sejak tahun 2012, GWK Cultural Park hadir dengan berbagai peremajaan fasilitas. Pembenahan sarana dan prasarana di kawasan utama, sebut saja Plaza Wisnu, Lotus Pond, Festival Park, Amphitheater, Taman Indraloka, Tirta Agung dan lain sebagainya dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Pada tahun 2018 Patung GWK yang menjadi ikon Indonesia diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Kawasan GWK Cultural Park terdiri dari beberapa fasilitas antara lain Plaza Wisnu, Lotus Pond, Festival Park yang memiliki luas area hingga 5.000 meter persegi dan kerap menjadi venue pelaksanaan event besar berskala nasional maupun internasional.

 

 

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com