Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PAUD Sedap Malam, Sekolah Modular Pertama di Indonesia

Kompas.com - 02/05/2023, 10:22 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi konstruksi dinilai berdampak signifikan terhadap efisiensi proses produksi, dan juga operasional. Tak terkecuali teknologi konstruksi yang diterapkan pada fasilitas pendidikan.

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA berkolaborasi dengan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk atau WEGE memanfaatkan teknologi modular untuk membangun Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sedap Malam, Kelurahan Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara.

PAUD Sedap Malam diklaim sebagai fasilitas pendidikan yang dikembangkan dengan teknik modular pertama di Indonesia.

GM Corporate Relation WIKA Achmad Harris Ary Soekamto menuturkan, PAUD Sedap Malam merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perseroan.

Baca juga: Wika Rogoh Kocek Hampir Rp 1 Miliar, Dukung Beasiswa 250 Pelajar

Teknik modular sendiri merupakan terobosan baru yang lahir dari kolaborasi WIKA dan WEGE.

Tujuannya, memperkenalkan konstruksi fasilitas pendidikan yang lebih praktis dengan bahan material yang ramah lingkungan.

Terbukti, untuk membangun fasilitas pendidikan modular ini, WIKA dan WEGE hanya membutuhkan waktu selama enam hari.

"Harapannya ke depan, PAUD Sedap Malam dapat memberikan manfaat dan dukungan kepada seluruh warga serta anak-anak yang membutuhkan dalam program pendidikan usia dini," tutur Achmad.

Sejalan dengan itu, Sekretaris Perusahaan WEGE Purba Yudha Tama menambahkan, konstruksi modular ini dirancang tahan gempa.

"Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, program fasilitas pendidikan modular juga dapat diterapkan di berbagai wilayah di Indonesia," tutup Purba.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com