Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantangan dan Peluang Energi Baru Terbarukan di Indonesia

Kompas.com - 04/05/2023, 20:30 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia menargetkan energi baru dan terbarukan (EBT) bisa mencapai 23 persen dalam bauran energi nasional. Kini, tersisa dua tahun untuk mencapai target tersebut.

Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Daryatmo Mardiyanto menyampaikan bahwa hingga 2022, realisasi bauran EBT baru mencapai sekitar 12 persen.

Hal tersebut disampaikan Daryatmo sebagai pembicara dalam webinar yang diselenggarakan oleh BumiCerah.id.

Baca juga: Bicara soal Energi Baru dan Terbarukan, Wagub: Matahari Paling Panas di Dunia Ada di NTT

Padahal untuk 2022, bauran EBT ditargetkan dapat berkontribusi sebesar 15,69 persen dari bauran energi nasional.

Dia menuturkan bahwa ada beberapa tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai target EBT dalam bauran energi nasional.

Sejumlah tantangan itu adalah batu bara dan minyak bumi masih jadu sumber energi utama, pemanfaatan gas cenderung stagnan, dan ketersediaan infrastruktur pendukung dalam pembangunan EBT yang dikembangkan secara in-situ.

Upaya untuk percepatan target 23 persen EBT dalam bauran energi nasional pada 2025 di antaranya adalah komitmen dan konsistensi pemerintah dalam melaksanakan program pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap.

Baca juga: Pemerintah Dukung Swasta Manfaatkan Energi Baru Terbarukan

Selain itu dilaksanakannya co-firing biomassa pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) secara masif, mendorong subtitusi bensin dengan bioethanol, dan mengelola pemanfaatan batu bara sesuai dengan amanat (Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 tahun 2017 tentang Rencana Umum energi Nasional (RUEN).

Daryatmo menyampaikan, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN) mengamanatkan terwujudnya pengelolaan energi yang berkeadilan, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan.

"Hal ini merupakan landasan utama penetapan porsi energi baru terbarukan sebesar 23 persen dalam bauran energi nasional pada tahun 2025 dan 31 persen pada 2050," jelas Daryatmo, sebagaimana dilansir dari situs web DEN.

Direktur Eksekutif ReforMiner Komaidi Notonegoro optimistis target EBT sebesar 23 persen dalam bauran energi nasional pada 2025 dapat dicapai.

Baca juga: Subsidi Kendaraan Listrik dan Energi Baru Terbarukan

Akan tetapi, terdapat tantangan yang harus diselesaikan. Sementara waktu yang tersedia hanya dua tahun secara efektif hingga tahun 2025.

Tantangan utama dalam meningkatkan EBT adalah intermiten dan keberlanjutan pasokan, sebagai contoh tenaga surya sangat bergantung pada cuaca dan energi angin atau bayu yang bergantung pada kecepatan angin.

Tantangan lainnya adalah keekonomian EBT. Harga jual listrik EBT rata-rata Rp 1.500 per kilowatt-hour (kWh) sedangkan PLTU batu bara Rp 500 - Rp 700 per kWh.

Kondisi tersebut akan memengaruhi daya beli masyarakat dan juga PLN harus mencapai biaya pokok produksi (BPP).

"Dalam menyikapi hal ini untuk mengembangkan EBT, perlu dilakukan intervensi dari pemerintah berupa pemberian subsidi yang disesuaikan dengan masing–masing jenis EBT," jelas Komaidi.

Baca juga: Tekan Emisi Gas Rumah Kaca, Bluebird Siapkan Infrastruktur Berbasis Energi Baru Terbarukan

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com