Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/05/2023, 20:55 WIB
Josephus Primus,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

CILEGON, KOMPAS.com - Budidaya tanaman kopi berikut kebiasaan minum kopi adalah ragam kekayaan budaya Indonesia.

Hal ini juga didukung oleh posisi Indonesia yang menempati peringkat ketiga penghasil kopi terbesar dunia.

Dalam catatan hingga akhri tahun 2020, rata-rata produksi kopi Indonesia mencapai hingga 11 juga sampai 12 juta karung.

Uniknya, jenis kopi di Indonesia amat variatif dengan kearifan lokal dari berbagai daerah seperti kopi Aceh, Sumatera, Jawa, Kintamani,Toraja, Flores, Papua serta kopi Luwak yang aroma dan cita rasanya sangat pas di lidah.

Baca juga: Modalku Salurkan Rp 45 Triliun untuk 100.000 UMKM di Lima Negara

General Manager (GM) The Royale Krakatau Rury Ilham mengatakan, termotivasi dengan kekayaan dan keanekaragaman kopi itulah, PT Krakatau Sarana Property (KSP) sebagai induk usaha The Royale Krakatau, ikut serta berpartisipasi melestarikan budaya kopi Indonesia.

Bentuk partisipasi aktif itu melalui gelaran pencarian bakat peracik kopi atau idol kopi yang akan berlangsung pada Minggu (21/5/2023) di The Surosowan, Cilegon, bertajuk Latte Art Competition.

Rangkaian kegiatan ini sekaligus juga ingin mengenalkan kopi varian terbaru dari Surosowan yakni Kopibrasi berupa butterscotch, vanilla, pandan, banana dan almond coffee.

"Orang Indonesia kan sangat gemar minum kopi," ucapnya.

Head Bar The Royale Krakatau Kevin Rudolf menambahkan, acara Idol Kopi menjadi bagian dari edukasi untuk peracik minuman kopi atau barista.

Menurut Kevin, barista wajib berlatih secara intens agar menjadi yang paling andal.

Barista dengan kemampuan mumpuni bisa membangun usaha kopi sendiri di samping yang bersangkutan bisa bekerja di kafe, restoran besar, bahkan restoran kelas internasional.

"Barista profesional juga bisa menjadi trainer sekaligus mentor bagi para pemula yang ingin menekuni profesi barista," pungkas Kevin yang merupakan salah satu juri pada idol kopi Latte Art Competition tersebut.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com