Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Ke-3, Indonesian Gastronomy Community Angkat Isu Pangan Lokal hingga Stunting

Kompas.com - 29/05/2023, 15:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com – Dalam peringatan hari jadi ketiga, Indonesian Gastronomy Community (IGC) mengangkat berbagai isu penting seputar pangan, mulai dari dari mengarusutamakan makanan khas Indonesia hingga mendukung program Pemerintah dalam pengentasan stunting.

Sebagai informasi IGC adalah komunitas yang bertujuan memajukan Indonesia melalui kecintaan terhadap makanan dan minuman beserta nilai kebudayaannya.

IGC memiliki maksud dan tujuan untuk memberikan kontribusi nyata melalui pemberdayaan, penguatan, dan peningkatan nilai tambah serta daya saing makanan dan minuman Indonesia di kancah nasional maupun internasional.

“Kami melihat bahwa IGC sudah banyak terlibat dalam kegiatan yang mendukung pemerintah dalam semakin memperkenalkan makanan khas Indonesia," ungkap Wakil Pendiri IGC, James Budiono yang juga merupakan seorang pengusaha makanan (29/5/2021).

Bentuk dukungan itu antara lain diwujudkan IGC dalam keterlibatan "Indonesia Spice Up the World" yang merupakan program pemerintah dan penerbitan buku Handrawina Adiboga Nusantara bagi perwakilan Indonesia di bawah naungan Kementerian Luar Negeri.

Di Buku Handrawina Adiboga Nusantara, IGC mengangkat beberapa pangan lokal untuk jamuan makan perwakilan RI di luar negeri, antara lain tumpeng punar, nasi gudeg, nasi liwet, lontong sate ayam, nasi pecel, gado-gado, nasi goreng, selat Solo, dan beragam kudapan seperti singkong goreng, loempia, lemper, dan bakwan udang.

Makanan tersebut disajikan dengan perencanaan brunch, makan siang, makan malam, risjsttafel, coffee morning, afternoon tea, dan cocktail party.

Perkenalkan kekayaan pangan lokal

“Kami berupaya untuk dapat melakukan kerja sama dengan berbagai pihak agar makanan khas Indonesia tidak hanya dikenal di dalam negeri, namun juga di luar negeri," tegas Ria Musiawan, Ketua Umum IGC.

“Tahun ke depan ini, kami akan bersinergi dengan Bumi Pelestarian Pusaka Indonesia untuk mengangkat gatronomi Bali Kuno," tambahnya.

Baca juga: Pemerintah Optimistis Target Stunting 14 Persen Tercapai 2024

Beberapa tahun ini, IGC melalui program Gastronosia melakukan rekonstruksi makanan dari prasasti, yaitu di Prambanan pada tahun 2021 dan di Borobodur pada tahun 2022 bersama Balai Konservasi Budaya Jawa Tengah dan restoran Bale Raos.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com