Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SIF Bangun Kolaborasi Perkuat Kompetensi Guru BK SMK Jatim

Kompas.com - 08/08/2023, 20:42 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Singapore International Foundation (SIF) menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Divisi Pekerjaan Sosial Sekolah dari Asosiasi Pekerja Sosial Singapura (SASW).

Ketiga pemangku kepentingan dunia pendidikan ini meluncurkan program “Peningkatan Kompetensi Guru BK Jenjang SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur” di Malang pada 1 Agustus 2023.

Program tiga tahun ini bertujuan meningkatkan dukungan dan konseling bagi para siswa di Jawa Timur dengan mengembangkan keterampilan guru bimbingan dan konseling.

Di tingkat global, inisiatif ini mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN SDG) ke-4 untuk memastikan pendidikan inklusif dan berkualitas untuk semua.

Inisiatif tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 111 Tahun 2014, yang menekankan pentingnya memberikan bimbingan dan konseling profesional sebagai komponen integral dari pendidikan dasar dan menengah. 

Jean Tan, Direktur Eksekutif SIF dalam peluncuran program mengatakan sekolah menyediakan ruang aman bagi siswa untuk tumbuh dan menavigasi kompleksitas kehidupan.

"Guru konselor yang efektif dapat menciptakan lingkungan belajar positif dan penuh perhatian untuk membantu siswa mengatasi rintangan, membangun ketahanan, dan mencapai potensi penuh mereka," jelasnya.

"Kami bersyukur bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan SASW telah bergabung dengan kami untuk meningkatkan pengalaman pendidikan bagi para siswa di Jawa Timur," ungkap Jean Tan.

Dalam kesempatan sama, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Aries Agung Paewai, mengatakan pihaknya senang dapat bekerja sama dengan SIF dan SASW untuk mengatasi tantangan bersama dalam menyediakan layanan konseling yang berkualitas di sekolah.

Baca juga: Merdeka Belajar Episode 25, Nadiem Luncurkan Permendikbudristek Antikekerasan di Satuan Pendidikan

"Inisiatif ini akan meningkatkan keterampilan guru konselor kami dan meningkatkan kesejahteraan siswa secara keseluruhan di Jawa Timur. Kami menantikan perspektif baru dari tim Singapura dan membangun hubungan profesional yang lebih kuat dengan mereka," ujar Aries.

Yum Sin Ting, Co-Chairperson Divisi Pekerjaan Sosial Sekolah di SASW, menyampaikan, "layanan bimbingan dan dukungan siswa yang berkualitas di sekolah berkontribusi pada pertumbuhan siswa secara keseluruhan."

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com