Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Green Jobs", Bidang Pekerjaan Layak yang Menjawab Masalah Lingkungan

Kompas.com - 16/08/2023, 16:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Pekerjaan yang layak dan ramah lingkungan atau green jobs telah menjadi lambang perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan.

Ia juga dianggap mampu melestarikan lingkungan untuk generasi sekarang dan masa mendatang secara lebih layak dan inklusif bagi semua orang di semua negara.

Ide di balik pertumbuhan hijau dan pembangunan bersih yang sebagian besar disajikan dalam situasi yang menguntungkan bagi lingkungan hidup dan pertumbuhan ekonomi.

Namun dalam pelaksanaannya, hanya sedikit perhatian yang diberikan pada dimensi sosial dari pembangunan berkelanjutan, terutama implikasinya terhadap tenaga kerja dan pekerjaan layak.

Baca juga: Indonesia-Korsel Sepakat Mendukung Investasi Ramah Lingkungan

Penurunan mutu lingkungan, termasuk kemerosotan dan berkurangnya sumber daya alam merupakan ancaman yang paling serius terhadap perekonomian dan pembangunan yang lebih luas dan berkelanjutan.

Pada masa mendatang, persoalan ini menjadi lebih memburuk akibat dampak perubahan iklim, yang sudah mulai dirasakan di berbagai negara berkembang.

Untuk jangka menengah dan panjang, masalah perubahan iklim ini dapat menimbulkan gangguan serius terhadap kegiatan sosial ekonomi di berbagai sektor di dunia.

Adaptasi serta upaya untuk mencegah perubahan iklim itu sendiri dengan mengurangi emisi memiliki implikasi yang sangat luas terhadap pembangunan sosial ekonomi, pola produksi dan konsumsi serta terhadap pekerjaan, pendapatan dan upaya pengurangan kemiskinan.

Implikasi ini memiliki risiko sekaligus peluang besar bagi masyarakat pekerja di dunia.

Berdasarkan laporan yang disusun Program Lingkungan Hidup PBB sesuai Prakarsa Green Jobs bersama dengan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), semakin banyak green jobs yang akan diciptakan sebagai upaya untuk menciptakan perekonomian rendah karbon dan lebih berkelanjutan.

Baca juga: Indonesia-Korsel Sepakat Mendukung Investasi Ramah Lingkungan

Setiap negara memiliki peluang untuk menciptakan lebih banyak green jobs yaitu pekerjaan bermutu yang dapat membantu menciptakan perekonomian yang ramah lingkungan dan rendah karbon.

Peluang-peluang ini perlu dinilai secara tepat dan dieksploitasikan sepenuhnya melalui pelaksanaan perekonomian hijau yang tepat.

Green jobs dimaksudkan untuk mengurangi dampak lingkungan yang diakibatkan oleh perusahaan dan sektor ekonomi, hingga ke tingkat yang mampu melestarikan lingkungan hidup.

Secara khusus, hal ini mencakup pekerjaan ?yang dapat membantu melindungi ekosistem dan biodiversitas; mengurangi energi, materi, dan konsumsi air melalui strategi yang memiliki tingkat efisiensi tinggi; dekarbonisasi perekonomian; serta mengurangi atau mencegah pembuatan segala bentuk limbah dan polusi.

Green jobs di negara berkembang dan sedang berkembang mencakup lapangan pekerjaan bagi para manajer, ilmuwan dan teknisi dan berbagai pihak dapat memperoleh manfaat dari mereka seperti kalangan remaja, petani, penduduk desa dan pen- duduk perkampungan miskin.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com