Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2023, 12:00 WIB
Perdana Putra,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak 15 negara ramaikan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 di Padang, Sumatera Barat yang dibuka Gubernur Sumbar Mahyeldi, Kamis (7/9/2023).

Negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, Singapura, Timor Leste, India, Maroko, Kazakhstan, Kuwait, UAE, Turki, Uzbekistan dan Spanyol.

"Acara ini menghadirkan berbagai pembicara dan peserta dari berbagai negara, termasuk pembuat kebijakan, pemimpin industri, pengusaha pemula, dan akademisi," kata Mahyeldi saat pembukaan, di Pangeran Beach Hotel Padang, Kamis (7/9/2023).

Baca juga: Tingkatkan Kapasitas Homestay Desa Wisata Salenrang, SMF Kucurkan Rp 420 Juta

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan menghadiri acara ini.

Menurut Mahyeldi, tujuan acara ini adalah untuk memajukan ekonomi dan kewirausahaan Islam. WIES 2023 juga bukan sekadar pertemuan bisnis biasa, tetapi momentum penting untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat dalam mengembangkan pariwisata halal dan Muslim Friendly Tourism.

"Pemerintah berkomitmen untuk mendukung pengembangan pariwisata halal dan Muslim Friendly Tourism. Kami telah menyusun berbagai program dan kebijakan untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik pariwisata halal di Sumatra Barat," jelas Mahyeldi.

Mahyeldi mengatakan Sumbar memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi pariwisata halal dan Muslim Friendly Tourism.

Baca juga: 212.517 WNI Diduga Bekerja di Malaysia Gunakan Visa Wisata

Hal ini didukung oleh keindahan alam, warisan budaya, dan nilai-nilai Islam yang kental.

Pariwisata halal dan Muslim Friendly Tourism telah menjadi tren global, mengingat jumlah wisatawan Muslim yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Hal ini menciptakan peluang besar bagi Indonesia, khususnya Sumatera Barat, untuk menjadi tujuan wisata halal terkemuka di dunia.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com