Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak El Nino Belum Terjadi, Suhu Panas Sudah Sangat Terasa

Kompas.com - 05/10/2023, 12:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Pada Mei, Organisasi Meteorologi Dunia atau World Meteorological Organization (WMO) memprediksi dalam lima tahun ke depan suhu Bumi akan melampaui ambang batas kritis 1,5 derajat celsius.

Ada kemungkinan 66 persen rata-rata suhu global dalam satu tahun antara 2023 hingga 2027 akan melampaui 1,5 derajat celsius.

Bahkan, menurut layanan pemantau perubahan iklim bentukan Uni Eropa, Copernicus Climate Change Service (C3S), tahun 2023 bisa menjadi tahun terpanas yang pernah dialami umat manusia, sebagaimana dilansir Earth.org.

Baca juga: Bukan Hanya Indonesia, Suhu Panas Juga Terjadi di Berbagai Negara

Pada tahun ini saja, Pada Juni hingga Agustus, hampir seluruh manusia di Bumi merasakan suhu yang lebih tinggi dari biasanya menurut laporan Climate Central.

Para ilmuwan meyakini, suhu yang semakin panas di Bumi saat ini disebabkan oleh pemanasan global dan perubahan iklim.

Perubahan iklim saat ini tak bisa dilepaskan dari aktivitas manusia yang melepaskan emisi gas rumah kaca (GRK) secara besar-besaran ke atmosfer.

Di satu sisi, para ahli juga terus mencermati fenomena El Nino yang terjadi pada tahun ini.

El Nino adalah fenomena tahunan pemanasan suhu muka laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

Baca juga: Begini Prediksi Peneliti Bila Suhu Bumi Lampaui 2 Derajat Celsius

Awal tahun ini, para ahli telah memperingatkan bahwa kembalinya El Nino kemungkinan besar membuat suhu rata-rata global melampaui 1,5 derajat celsius.

Berbicara kepada Washington Post, Michael McPhaden, ilmuwan senior di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), mengatakan El Nino akan mencapai puncaknya pada akhir tahun ini.

Dia memperingatkan, rekor suhu panas kemungkinan akan terjadi lagi dalam beberapa waktu ke depan.

“Masih banyak lagi fenomena suhu panas yang menunggu,” kata McPhaden.

Dilansir dari pemberitaan Kompas.id, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi El Nino akan mencapai level yang kuat pada akhir tahun ini.

Koordinator Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG Supari mengatakan, sejumlah lembaga meteorologi dunia telah memprediksi peluang El Nino berkembang menjadi tipe kuat.

Baca juga: Penggunaan AC Dapat Meningkatkan Suhu Lebih dari 2 Derajat Celcius

Suhu panas di dunia

Beberapa waktu terakhir, masyarakat Indonesia di berbagai wilayah merasakan hawa panas yang sangat menyengat.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com