Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng “Stake Holder”, HM Sampoerna Gelar Forum Diskusi Wujudkan Tata Kelola Air Berkelanjutan

Kompas.com - 05/10/2023, 12:01 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis


KOMPAS.com
- PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) menggelar forum diskusi bertajuk "Tata Kelola Air Berkelanjutan" dengan menggandeng pemda dan para pemangku kepentingan industri di Karawang, Jawa Barat (12/9/2023).

"Seiring membaiknya Sungai Citarum, pemerintah daerah Karawang dan perusahaan industri kini mulai memikirkan untuk mewujudkan tata kelola air berkelanjutan di Karawang dengan membentuk forum khusus," ujar Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Resmiani.

Karena itu, Resmiani pun mengapresiasi program yang diinisiasi Sampoerna untuk mewujudkan tata kelola air berkelanjutan.

Pengelola Karawang International Industrial City (KIIC) mendukung kolaborasi banyak pihak untuk mewujudkan tata kelola air berkelanjutan. KIIC mengaku telah memiliki mitigasi soal tata kelola air semisal jika suplai air dari Kalimalang menurun.

"Kita punya tujuh danau. Tapi memang dua yang besar dengan kapasitas 50.000 meter kubik," ungkap Ali Kustia, bagian Industrial Water KIIC.

Dalam salah satu upaya menciptakan tata kelola air yang berkelanjutan, Sampoerna pada salah satu pabriknya yang berlokasi di Karawang, telah berpartisipasi dengan menerapkan program sertifikasi Alliance Water Stewardship (AWS) sejak 2021.

Dengan demikian, pengelolaan air dapat adil secara sosial dan budaya, ramah lingkungan dan bermanfaat secara ekonomi.

Manager Regional Engagement dan Sustainability West Kukuh Dwi Kristianto menyampaikan, “hal ini sejalan dengan Falsafah Tiga Tangan yang perusahaan miliki, yaitu komitmen untuk berkontribusi bagi semua pemangku kepentingan perusahaan, termasuk masyarakat luas.”

Baca juga: Mengendalikan Ekosistem Air Tawar

"Sejalan akan hal tersebut, diharapkan melalui forum diskusi tersebut menjadi awal sinergi bagi semua komponen pemegang kepentingan untuk berkontribusi dalam tata kelola air," harapnya.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com