Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2023, 08:18 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Jajaran Polres yang ada di Polda Kepulauan Riau (Kepri) serentak melakukan penanaman mangrove atau bakau guna menjaga kelestarian lingkungan di wilayah Hukum Polda Kepri dan juga memeriahkan HUT Ke-72 Humas Polri.

Seperti yang dilakukan Polres Natuna, melakukan penanaman 100 batang mangrove di pesisir pantai Sujung, Kabupaten Natuna.

Kemudian Polres Lingga, juga melakukan penanaman 100 batang mengrove di Pantai Desa Kuala Raya, Kabupaten Lingga.

Selanjutnya Polres Bintan memilih menanam bibit Mangrove di pesisir pantai Trikora tepatnya di Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan.

Baca juga: Ciptakan Habitat Udang, 7.200 Bibit Mangrove Ditanam di Pantai Bangka

Selain di pesisir pantai, Polres Bintan juga melakukan penghijauan dengan menanam pokok buah berupa Durian, Mangga dan Sauh.

Polres Karimun menanam pohon mangrove sebanyak 50 batang di pantai Coastal Area Kabupaten Karimun.

Dan terkahir Polresta Barelang bersama Polda Kepri menanam bibit mangrove di Pelabuhan Pancur Kelurahan Tanjung Piayu, Kecamatan Sei Beduk, Batam.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah konkret dalam menjaga keberlanjutan ekosistem pantai yang penting bagi kehidupan masyarakat yang ada di Kepri,” kata Kabidhumas Polda Kepri Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Jumat (13/10/2023).

Pandra mengatakan, mangrove dipilih karena memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem pantai.

Mangrove memiliki kemampuan dalam menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen, sehingga dapat membantu dalam mengurangi dampak pemanasan global.

“Selain itu, akar mangrove juga dapat menjaga kestabilan pantai dengan menahan pasir dan meminimalisir erosi,” terang Pandra.

Baca juga: Pemetaan Ekosistem Mangrove di Kota-kota Pesisir

Pandra juga memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan bagaimana penanaman mangrove dapat berkontribusi dalam pelestarian alam.

Kegiatan ini diharapkan dapat membangun kebersamaan untuk peduli terhadap lingkungan serta mendorong partisipasi aktif dalam menjaga kelestarian alam.

“Dengan dilakukannya penanaman mangrove, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang sehat dan lestari untuk masa yang akan datang,” terang Pandra.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-72 Humas Polri yang sudah dijalankan sejak awal bulan Oktober 2023, yakni berupa kegiatan Donor Darah, Pembagian Air Bersih.

“Semoga dengan penanam pohon mangrove ini, bisa menjadi sumber kehidupan masa yang akan datang sesuai dengan tema Humas Polri Presisi untuk Negeri Menuju Indonesia Maju, tentu tidak berapa lama lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi pemilu yang tentunya Polri di dukung TNI beserta potensi masyarakat,” pungkas Pandra.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com