Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2023, 08:44 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Lura Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara Iwan Bogananta bersama Bella Group Bulgaria dan PT Garuda Mitra Unggul (GMU) menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia 2023 di ICE BSD yang diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Rabu (18/10/2023).

Sebagaimana diketahui, Bella Group dan GMU telah menandatangani nota kesepahaman kerja sama pengadaan bahan baku rendang senilai 34 juta dollar AS dan kesepakatan joint venture senilai 38 juta dollar AS, Selasa (17/10/2023).

Sebagai bagian dari program “Rendang Goes to Europe”, Bella Group bersama GMU turut membuka stand selama kegiatan Trade Expo Indonesia 2023 yang berlangsung 18-22 Oktober 2023.

Stand tersebut memamerkan produk rendang produksi Bella Group Bulgaria yang dikemas dengan menggunakan logo Wonderful Indonesia.

Baca juga: Sayurbox dan FoodCycle Indonesia Sepakat Kurangi Limbah Pangan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Wakil Menteri Perdagangan Jeffry Sambuaga berkesempatan menyambangi stand "Rendang Goes to Europe" produksi Bella Group dan mengapresiasi kerja sama yang telah dibangun oleh kedua perusahaan yang dapat memicu peningkatan perdagangan dan ekspor nasional.

Iwan mengatakan, “Rendang Goes to Europe" juga membawa misi promosi Indonesia. Pencatuman logo Wonderful Indonesia, telah mendapatkan izin dan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Hal ini menjadi bagian dari upaya KBRI Sofia dalam mendukung promosi Indonesia ke Eropa, serta turut menyukseskan program Indonesia Spice up the World,” kata Iwan.

Akhir 2023 Bella Group akan mulai memproduksi rendang secara masif, dan pada Januari 2024 produk rendang siap untuk distribusikan ke pasar Eropa.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com