Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Gas Bumi di Batam Meningkat, PGN Genjot Infrastruktur

Kompas.com - 11/11/2023, 17:00 WIB
Hadi Maulana,
Danur Lambang Pristiandaru

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina berkomitmen untuk terus mengembangkan jaringan dan melayani pelanggan di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Sepanjang 2023, PGN telah menyalurkan gas kepada 5.944 pelanggan di Batam untuk sektor rumah tangga, komersial, industri dan pembangkit.

General Manager PGN Sales & Operation Region I (SOR I) Andi Sangga Prasetya mengatakan, perusahaan melaksanakan Subholding Gas Pertamina dengan mengintegrasikan infrastruktur gas bumi di Indonesia, baik melalui infrastruktur pipa dan non-pipa, di wilayah Batam.

Baca juga: Menggali Potensi Gas Rawa di Jateng dan Pemanfaatannya

“PGN terus memperluas pemanfaatan gas bumi, khususnya bagi sektor industri dan komersial sekaligus untuk membantu sektor-sektor tersebut mencapai efisiensi serta nilai tambah dalam proses produksinya,” kata Andi ditemui di Bintan, Sabtu (11/11/2023).

Sementara itu, Area Head Batam Wendi Purwanto mengatakan, PGN telah berhasil menambah 15 sambungan baru untuk komersial dan industri sepanjangn 2023.

“Rencana penetrasi pasar yang dilakukan oleh PGN area Batam telah berhasil menyalurkan gas bumi kepada pelanggan baru di berbagai sektor, dan mayoritas adalah UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) Batam,” ungkap Wendi.

“Kami berharap, kehadiran kami untuk menyalurkan energi bersih, ramah lingkungan, dan efisien khususnya kepada UMKM Kota Batam dapat membantu pelaku usaha dan pemerintah daerah untuk menaikkan pertumbuhan ekonomi di Batam ini,” tambah Wendi.

Pengelolaan volume gas bumi PGN di Batam telah mencapai lebih dari 90 miliar british thermal unit per hari (BBTUD) infrastruktur pipa gas bumi sepanjang 273,46 KM.

Baca juga: Cerita Gembira Warga Banjarnegara-Karanganyar Usai Beralih ke Gas Rawa

Infrastruktur gas bumi PGN melewati beberapa Kawasan Industri dan pusat komersial di Batam seperti Tanjung Uncang, Panbil, Batamindo, Kabil, Batam Centre, dan Lubuk Baja.

“Dengan didukung oleh infrastruktur yang handal serta personel yang kompeten, PGN terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan serta potensi pasar di wilayah Batam yang tersebar di Pulau Batam, Bintan, dan Kundur,” sebut Wendi.

Menurut Wendi, pasokan gas bumi yang andal merupakan salah satu faktor kunci dalam mengembangkan pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan potensi pasar di wilayah Batam.

Selain penyaluran gas alam melalui pipa, saat ini PGN melalui anak usahanya PT Gagas Energi juga menyiapkan penyaluran gas alam dalam bentuk compress natural gas (CNG) dengan produk Gaslink Cylinder untuk kebutuhan industri dan komersil.

“Produk ini dihadirkan untuk dapat melayani calon pelanggan yang ingin menggunakan gas alam namun belum terjangkau jaringan pipa PGN,” tambah Andi.

Baca juga: Gas Buang PLTG Tanjung Ucang Jadi Pembangkit Energi Bersih

Andi menyampaikan, Gaslink Cylinder disalurkan menggunakan tabung dengan kapasitas 20-25 meter kubik atau setara dengan 20 kilogram.

Walaupun berbentuk tabung, sistem pembayaran tagihannya tetap sama dengan berlangganan gas pipa, yaitu penghitungan pemakaian gas meggunakan meter dan dibayarkan setiap akhir bulan setelah pemakaian.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com