Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2023, 12:43 WIB
Agis Maulana,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sarapan di pagi hari penting untuk dilakukan agar Anda mendapatkan energi untuk menjalani aktivitas. Selain itu, sarapan juga dapat membantu melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit.

Untuk diketahui, waktu sarapan yang ideal adalah pukul 06.00 – 11.00 siang. Makanan yang dianjurkan saat sarapan adalah makanan yang memiliki kadar serat tinggi dan protein yang cukup.

Namun, sering kali kesibukan membuat banyak orang melewatkan sarapan. Padahal, tidak sarapan sangat berbahaya bagi tubuh.

Sebuah penelitian dari Harvard University School of Public Health menjelaskan bahwa tidak sarapan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 atau diabetes melitus.

Kemudian, bahaya lain yang ditimbulkan dari tidak sarapan adalah risiko gangguan fungsi jantung, menurunnya fungsi kognitif otak, hingga gangguan metabolisme tubuh.

Oleh sebab itu, sarapan menjadi kegiatan wajib di pagi hari. Bagi Anda yang memiliki kesibukan, tidak perlu khawatir. Berikut lima sarapan sehat yang dapat Anda buat dalam waktu yang singkat.

1. Sereal dan susu

Sereal dan susu menjadi menu sarapan yang praktis dan mudah dibuat. Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyajikan sarapan tersebut. Pastikan sereal dan susu yang Anda pilih rendah gula dan lemak.

Baca juga: 5 Tip Sarapan untuk Penderita Diabetes agar Gula Darah Stabil

2. Keju dan buah-buahan

Buah-buahan sudah lama dijadikan menu sarapan oleh banyak orang. Namun, jika Anda ingin merasakan sensasi yang baru, coba campurkan buah-buahan dengan keju. Potong buah-buahan yang Anda miliki dan tambahkan 50 gram keju. Nikmati rasa yang lezat dari menu sarapan tersebut.

3. Roti gandum panggang

Roti gandum panggang adalah menu sarapan enak yang dapat Anda buat. Roti gandum mengandung nutrisi yang baik dan kalori yang rendah. Pembuatan roti gandum panggang pun mudah. Anda cukup menyiapkan roti gandum, lalu panggang roti tersebut hingga kecoklatan.

Anda juga dapat menambahkan topping pada permukaan roti seperti cokelat dan selai kacang. Roti gandum panggang pun siap disantap.

4. Greek yoghurt

Sebagai informasi, greek yogurt berbeda dengan yoghurt pada umumnya. Perbedaannya terletak pada proses penyaringannya. Greek yoghurt melalui proses penyaringan lebih banyak dibandingkan yoghurt biasa sehingga teksturnya lebih kental.

Selain itu, greek yoghurt juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada yoghurt lainnya. Dengan begitu, greek yoghurt cocok bagi Anda yang sedang diet.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Sarapan?

5. Salad buah atau sayur

Salad buah atau sayur merupakan menu yang tidak dapat Anda lupakan. Makanan tersebut bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan, membuat kulit lebih cerah, hingga menurunkan berat badan. Menu ini dapat menjadi salah satu pilihan sarapan sehat yang dapat Anda coba.

Yuk, biasakan mengonsumsi sarapan setiap pagi dengan menu yang sehat agar tubuh menjadi sehat dan berenergi.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com