Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Indonesia Bebas Emisi, SMI Jalin Kerja Sama dengan UNOPS

Kompas.com - 05/12/2023, 17:08 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI dan United Nations Office for Project Services (UNOPS) Southeast Asia Energy Transition Partnership (ETP) menandatangani Perjanjian Kerja Sama untuk mengakselerasi transisi energi di Indonesia.

Perjanjian ditandatangani oleh Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad, dan Direktur ETP Philip Rose, di sela-sela acara COP 28 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Selasa (5/12/2023).

Kolaborasi ini merupakan tonggak sejarah untuk membuka jalan kemitraan komprehensif dalam mencapai masa depan bebas emisi di Indonesia.

Baca juga: SMI Guyur Alam Energy Rp 41 Miliar Kembangkan Instalasi PLTS Industri

SMI sebagai Special Mission Vehicle di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, terus berupaya untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, dalam hal percepatan transisi energi.

Dengan kemitraan strategis ini, SMI akan memanfaatkan kekuatan kolektif korporasi kami untuk mempercepat transisi ke masa depan energi yang lebih berkelanjutan dan tangguh di Indonesia.

"SMI menyambut baik kolaborasi dengan ETP dalam mendorong perubahan positif pada sektor energi di Indonesia," ujar Edwin.

Melalui kemitraan ini, ETP dan SMI berkomitmen untuk mengembangkan transisi energi serta pembiayaannya di Indonesia, yang akan melibatkan institusi pemerintah, industri, dan investor global.

Kerja sama ini akan mencakup kegiatan penelitian bersama, berfokus pada transisi energi beserta aspek keuangannya, dengan tujuan memberikan wawasan dan pengetahuan untuk mendorong solusi inovatif.

Selain itu, kedua pihak akan memfasilitasi dialog dalam berbagai forum, konferensi, dan seminar, serta memastikan pertukaran ide tentang kebijakan strategis.

Baca juga: SMI Gandeng AIIB dan PLN Dukung Percepatan Transisi Energi

SMI dan ETP juga akan bertindak sebagai perantara untuk memfasilitasi investasi di infrastruktur hijau, mengidentifikasi mekanisme transisi energi, dan menyediakan fasilitas persiapan proyek untuk meningkatkan kesiapan proyek transisi energi beserta aspek pembiayaannya di Indonesia.

Direktur ETP Philip Rose menambahkan, kemitraan ini menandakan komitmen bersama untuk mengatasi tantangan transisi energi di Indonesia.

Bersama SMI, selaku Manajer Platform Mekanisme Transisi Energi, Rose berharap dapat memberikan dukungan yang berdampak positif dalam menghasilkan solusi inovatif transisi energi di Indonesia.

Kolaborasi ini merupakan bukti komitmen kedua organisasi untuk membawa perubahan positif pada lanskap energi Indonesia, memajukan masa depan yang bebas emisi, berkelanjutan dan tangguh.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com