Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2023, 15:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – KTT iklim COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), berakhir pada Rabu (13/12/2023) siang. Para perwakilan dari hampir 200 negara sepakat untuk bertransisi dari bahan bakar fosil.

Frasa yang disepakati dalam keputusan tersebut adalah: bertransisi dari bahan bakar fosil ke dalam sistem energi, dengan cara yang adil, bertahap, dan merata sehingga dapat mencapai nol emisi pada 2050 sesuai dengan sains.

Selain menyepakati transisi dari batu bara, minyak, dan gas bumi, COP28 juga memobilisasi sejumlah janji, termasuk pendanaan.

Selama hampir dua pekan, COP28 berhasil menggalang pendanaan senilai 85 miliar dolllar AS serta 11 janji dan deklarasi yang berkomitmen terhadap aksi iklim.

Dilansir dari AFP, berikut janji-janji yang disampaikan selama gelaran COP28 berlangsung hingga usai.

Baca juga: COP28 Rampung: Dunia Sepakat Lakukan Transisi, Awal dari Akhir Era Fosil

Dana kerugian dan kerusakan

COP28 menjadi saksi peluncuran dana kerugian dan kerusakan untuk membantu negara-negara rentan untuk mengatasi dampak bencana iklim yang menghancurkan.

Menurut kepresidenan COP28, dana kerugian dan kerusakan yang berhasil digalang selama pembicaraan berlangsung mencapai 729 juta dollar AS.

Akan tetapi, angka tersebut masih jauh dari kebutuhan yang ditaksir mencapai 100 miliar dollar AS per tahun.

Menurut negara-negara berkembang, dana sebesar itu diperlukan untuk mengkaver kerugian akibat bencana alam dan naiknya permukaan air laut.

Sementara itu, Green Climate Fund atau Dana Iklim Hijau, yang fokus mendukung negara-negara berkembang dalam aksi iklimnya, mendapat tambahan dana sebesar 3,5 miliar dollar AS pada pendanaan kedua, dengan janji 3 miliar dollar AS dari “Negeri Paman Sam”.

Baca juga: COP28 Molor, Bahasan Penghapusan Bakan Bakar Fosil Berjalan Alot

Energi terbarukan tiga kali lipat

Sebanyak 132 negara berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas energi terbarukan sebanyak tiga kali lipat pada 2030 dan menggandakan efisiensi energi tahunan.

Janji tersebut dimasukkan dalam hasil akhir perundingan dan menjadi kemenangan substansial bagi para pendukungnya.

Nuklir tiga kali lipat

Lebih dari 20 negara yang dipimpin oleh AS menyerukan peningkatan kapasitas energi nuklir dunia menjadi tiga kali lipat pada 2050.

Meskipun nuklir hampir tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca (GRK), berbagai dampak buruk dari nuklir mendapat sorotan dari sejumlah pihak.

Terutama bencana Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima di Jepang pada 2011 yang memberikan pukulan telak bagi negara tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com