Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama Internasional Dinilai Penting Bantu Penuhi Kebutuhan Energi Indonesia

Kompas.com - 02/02/2024, 19:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Kerja sama internasional dinilai penting untuk ikut membantu memenuhi kebutuhan listrik dan energi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam Konferensi Clean EDGE Asia 2024: Energy Transitions and Equitable Development in Southeast Asia di Jakarta, Selasa (30/1/2024).

"Melalui kerja sama internasional dan pembangunan yang cerdas, kami akan mengoptimalkan pemanfaatan tenaga listrik dan potensi energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan Indonesia," kata Arifin dikutip dari keterangan resmi.

Baca juga: AEON Mall BSD Hadirkan Energi Bersih Berkapasitas 1.161 MWh Per Tahun

"Kerja sama dan kolaborasi antar negara di kawasan ini akan mengoptimalkan potensi sumber daya energi bersih untuk memasok kebutuhan regional dan meningkatkan kapabilitas," sambungnya.

Sementara itu, Presiden National Bureau of Asian Research (NBR) Roy Kamphausen menuturkan, konferensi ini bertujuan untuk menemukan solusi atas tantangan meningkatkan mengenai energi terbarukan dan diversifikasi bauran energi lokal.

Solusi yang dicapai diharapkan dapat secara lebih luas mendukung pengembangan akses energi yang berkelanjutan dan memadai di seluruh wilayah.

"Kemitraan ini sangat penting dan akan dirancang untuk menggabungkan berbagai kepentingan para mitra," ujar Roy.

Baca juga: Energi Fosil Jadi Masa Lalu, Saatnya Teknologi Bersih dan Terbarukan

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana berujar, Indonesia memiliki potensi energi baru dan terbarukan.

Potensi dan pengembangannya memerlukan diskusi dan pembicaraan lebih dalam untuk mencapai target pengurangan emisi.

"Penyusunan strategi dan pemetaan energi di seluruh wilayah Indonesia menjadi sangat penting untuk memaksimalkan pembangunan akses kelistrikan," jelas Dadan, Rabu (31/1/2024).

"Selain itu, solusi terhadap isu perubahan iklim juga memerlukan kerja sama berbagai pihak yakni, pemerintah, swasta, dan inisiatif-inisiatif lainnya," tambahnya.

Baca juga: 85 Desa Energi Berdikari Pertamina Sukses Tekan 729.000 Ton Emisi Karbon

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com